TUBAN: Usung Maskot Jalako, Siswi SMKN 2 Tuban Raih Juara II Sayembara Desain

Maskot Jalako, Raih Juara II Sayembara Desain Provinsi Jawa Timur
Sumber :
  • infopublik.id

Tuban, WISATA – Seorang siswi SMKN 2 Tuban berhasil meraih juara sayembara desain maskot, setelah mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Nasional 2023 yang diselenggarakan oleh Provinsi Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Siswi tersebut bernama Annisa Wa Zahra, murid kelas XI jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) itu, meraih juara II dengan membuat desain burung jalak hitam yang dinamai Jalako.

Selama proses pembuatan maskot tersebut, Annisa didampingi oleh guru pembimbingnya, Ardiansyah.

Annisa menuturkan, untuk bisa membuat desain maskot tersebut, ia mencari referensi di website-website terkait tentang maskot.

Setelah mencari di berbagai website, ia baru menemukan maskot jalak hitam yang merupakan fauna identitas Kabupaten Tuban.

Penamaan Jalako sendiri, merupakan akronim dari jalak dan kebo (kerbau - red.). Ada simbiosis mutualisme di antara keduanya yang saling menguntungkan.

Annisa mengaku sempat sedih, karena sebelumnya pernah mengikuti kompetisi yang diadakan Gekraf Tuban. Namun ia gagal meraih juara.

Meski tidak sampai meraih juara, ia tetap bangkit dan bersemangat dan mengikuti lomba lainnya.

“Hasilnya, baru kali ini bisa meraih juara dua,’’ ujarnya Selasa (19/9/2023).

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 2 Tuban, Heny Indriana menjelaskan, lomba  sayembara desain maskot yang diselenggarakan di Provinsi Jawa Timur ini, dalam rangka menyemarakkan LKS Nasional 2023.

Heny berharap, prestasi yang diraih Annisa bisa menjadi pendorong semangat siswa-siswinya yang lain, karena siswi seperti Annisa ini, memiliki potensi untuk difasilitasi melalui ekstrakurikuler, sehingga bisa meraih juara atau berkompeten di bidangnya.

“Semoga juga bermunculan prestasi-prestasi lain,’’ pungkasnya.

(Sumber: infopublik.id)

Ancaman Kehilangan Aset Berharga: PSSI Hadapi Aktivitas Transfer Manchester City