Bagaimana Kucing Bisa Masuk ke Ruang yang Sempit?

Kucing, Hewan yang Dapat Memasuki Celah Sempit
Sumber :
  • pixabay

Malang, WISATA – Kucing sangat fleksibel sehingga sebuah candaan mengatakan bahwa kucing adalah cairan. Terlepas dari candaan atau bukan, mekanika fluida tradisional tidak dapat menjelaskan gerakan kucing yang mengagumkan saat melewati lubang kecil. Jadi, bagaimana kucing melakukan hal ini?

Dari GPS hingga LiDAR: Bagaimana Sistem Navigasi dan Kontrol Drone Mengubah Cara Kita Melihat Langit

Kunci kemampuan kucing untuk 'mengalir' seperti cairan melalui celah-celah kecil adalah korset bahu mereka yang unik. Pada manusia, korset bahu terdiri dari tulang belikat atau skapula dan tulang selangka atau klavikula.

Tulang belikat dan tulang selangka saling terhubung pada manusia. Korset bahu yang dihasilkan memberikan dukungan yang kuat bagi otot-otot lengan.

Inilah Cara agar Kucing Peliharaan Anda tidak Pup di Sembarang Tempat

Sebaliknya, tulang belikat kucing hanya terhubung dengan bagian tubuh lainnya melalui otot dan bukan tulang. Hal yang sama berlaku untuk tulang selangka kucing, seperti yang dilansir dari livescience.com. Selain itu, tulang selangka kucing jauh lebih kecil dibandingkan dengan bagian tubuh kucing lainnya dibandingkan tulang selangka manusia dibandingkan dengan bagian tubuh kita lainnya.

Ciri-ciri anatomi ini membantu kucing menyelinap melalui celah yang sempit. Mampu masuk ke dalam ruang sempit merupakan keuntungan evolusi saat berburu mangsa kecil seperti tikus, tetapi juga untuk bersembunyi dan melarikan diri dari pemangsa potensial.

DRAKOR: Sinopsis Behind Your Touch Episode 3, Detektif Jang Yeol Mulai Percaya

Selain itu, kumis kucing juga membantu mereka menembus celah-celah. Pangkal setiap kumis dipenuhi ujung-ujung saraf, yang memberi kucing sistem navigasi yang sangat sensitif yang menyampaikan sejumlah besar informasi tentang lingkungan sekitar mereka, termasuk menilai ukuran ruang-ruang kecil sebelum mencoba menerobosnya.

Mengapa kucing suka menyendiri di tempat yang sempit? Kucing biasanya memilih bersembunyi di tempat yang sempit, seperti di bawah tempat tidur, saat mereka merasa stres atau takut, karena hal ini membantu mereka merasa lebih aman dan terlindungi. Kucing juga akan memilih tempat yang sempit untuk privasi saat mereka butuh waktu untuk menjauh dari lingkungan sekitar. Hindari mengganggu kucing di tempat yang sempit, kecuali jika Anda khawatir mereka mungkin terluka atau sakit.