Cengkeraman El Niño dan Ritual Pengorbanan Anak yang Menghantui di Peradaban Chimú, Peru

Sisa-sisa Kerangka yang Dikorbankan
Sumber :
  • Instagram/moda_andina

Malang, WISATA – Peradaban Chimú, yang terkenal dengan arsitekturnya yang canggih, sistem pertanian yang luas dan seni yang rumit, berkembang pesat di pantai utara Peru dari abad ke-10 hingga ke-15. Namun peradaban ini juga dikenang karena ritual kelamnya, terutama pengorbanan anak, yang sangat terkait dengan respons mereka terhadap fenomena El Niño. Memahami hubungan ini memberikan gambaran unik tentang bagaimana budaya kuno beradaptasi dan menafsirkan perubahan lingkungan yang ekstrem.

Kisah Kehidupan Putra-putri Socrates Hasil Pernikahannya dengan Xanthippe

Para arkeolog yang bekerja di Peru telah menemukan apa yang mereka katakan sebagai situs pengorbanan anak terbesar di dunia. Sekitar 140 anak-anak dan lebih dari 200 hewan, mungkin llama, dibunuh pada pertengahan tahun 1400-an. Sebuah peradaban yang dikenal sebagai Chimú mengorbankan anak-anak sebagai respons terhadap bencana cuaca, pada waktu itu. 

Petunjuk lain yang menunjukkan adanya peradaban dalam kekacauan terkubur bersama dengan mayat-mayatnya. Lapisan lumpur yang tidak biasa dan jejak kaki yang terawetkan di dekat kuburan menunjukkan bahwa pengorbanan tersebut dilakukan setelah hujan lebat. Wilayah yang biasanya gersang ini mungkin telah menjadi lumpuh karena cuaca ekstrem dan basah yang disebabkan oleh sistem El Niño. Para pemimpin Chimú mungkin menafsirkan cuaca buruk sebagai hukuman dari para dewa dan merencanakan pengorbanan drastis untuk meredam kemarahan mereka. 

Inilah Cerita Anak-anak dan Keluarga Socrates yang Belum Banyak Diketahui

Anak-anak yang digunakan dalam pengorbanan tersebut terdiri dari laki-laki dan perempuan dan berusia antara 4 hingga 14 tahun. Mereka kemungkinan besar berasal dari berbagai daerah dan kelompok etnis di kerajaan Chimú. Meskipun tidak diketahui apakah anak-anak tersebut diambil secara sukarela atau diambil secara paksa, budaya Chimú kuno mungkin memandang anak-anak sebagai pengorbanan paling berharga yang dapat dilakukan kepada para dewa. Llama juga merupakan persembahan terbaik bagi suku Chimú karena mereka merupakan sumber transportasi, bulu dan makanan yang berharga.

Banyak anak-anak dan llama ditemukan dengan bekas sayatan di tulang dada dan tulang rusuknya—mungkin hingga jantung mereka terkoyak. Para arkeolog tidak mengetahui apakah anak-anak tersebut dalam keadaan hidup atau mati ketika jantung mereka diambil, namun mereka menduga organ-organ tersebut digunakan dalam upacara pengorbanan. 

Bisa Dicoba, Tips Agar Anda Suka Membaca dan Tidak Mudah Bosan

Sisa-sisa tiga orang dewasa yaitu seorang pria dan dua wanita ditemukan berdekatan dengan anak-anak dan hewan tersebut. Tanda-tanda trauma benda tumpul di kepala dan sedikitnya barang kuburan pada tubuh orang dewasa membuat peneliti curiga bahwa mereka mungkin berperan dalam acara pengorbanan tersebut dan diberangkatkan segera setelahnya. 

Peradaban Chimú, yang berkembang dari abad ke-10 hingga ke-15 di sepanjang pantai utara Peru, berpusat di Chan Chan. Daerah gersang ini membutuhkan irigasi canggih untuk mendukung pertanian. Masyarakat Chimú sangat tersentralisasi dan terstratifikasi, dengan raja memegang kekuasaan absolut, didukung oleh elit penguasa. Pengrajin, pedagang dan buruh memainkan peran penting dalam perekonomian yang dikontrol secara ketat oleh negara melalui sistem kerja paksa. 

Halaman Selanjutnya
img_title