Menulis Surat, Hobi yang Tertelan oleh Kemajuan Zaman

Hobi Menulis Surat
Sumber :
  • pexels/suzy hazelwood

Makassar, WISATA – Hobi menulis memiliki spektrum yang sangat luas. Ada orang yang hobi menulis surat, menulis status FB, menulis diary, menulis cerpen, menulis artikel, dan macam-macam lagi. Hobi menulis surat masih bisa terbagi-bagi lagi menjadi berbagai spesifikasi, misalnya menulis surat kepada teman, menulis surat kepada presiden, menulis surat kepada artis, atau menulis surat cinta.

Song Kang, Lee Do-Hyun dan Lee Jin-Wook Memulai Pertempuran Demi Kemanusiaan di ‘Sweet Home 3’

Hari gini siapa yang masih hobi menulis surat sih? Menulis surat adalah hobi yang tertelan oleh kemajuan zaman, di mana surat tergantikan oleh pesan Whats App (WA). Obrolan persahabatan dalam sebuah surat, mungkin harus menunggu satu hingga dua minggu sampai surat itu berbalas, tergantung dari jarak kota antara si pembuat surat dan penerima surat. Namun obrolan dalam sebuah pesan WA, dapat dibalas detik berikutnya setelah pesan terkirim, asal di penerima pesan sedang online dan sedang membuka aplikasi WA pada ponselnya. 

Remaja tahun 80-an mungkin sebagian besar menikmati asyiknya bersurat-suratan. Majalah-majalah anak-anak maupun remaja yang terbit pada masa itu biasanya memiliki rubrik khusus sahabat pena. Bagi mereka yang ingin masuk dalam rubrik tersebut dapat mengirimkan foto, alamat, hobi, dan mungkin kata-kata mutiara atau motto hidup tergantung format tiap majalah. 

KETUA KPU, Hasyim Asy'ari Diberhentikan Tetap, Karena Kasus Asusila

Setelah profil seseorang terpampang dalam rubrik sahabat pena, biasanya tak lama akan ada banyak surat yang datang untuk berkenalan dan menjalin persahabatan. Tak jarang hubungan persahabatan berkembang menjadi percintaan jika sahabat pena berlainan jenis, namun banyak juga yang tetap menjadi sahabat selama bertahun-tahun karena niat mengirimkan surat memang murni niat untuk bersahabat saja.

Walaupun zaman sekarang ini mungkin sudah tidak ada lagi orang yang saling berkirim surat, sebenarnya menulis surat memiliki banyak manfaat, yaitu:

Sektor Manufaktur Juni 2024 Masih Menunjukkan Kinerja Positif, Namun Ada Tanda-Tanda Perlambatan

1. Membuat orang tidak cepat lupa

Biasanya topik yang dibicarakan dalam surat kepada sahabat pena adalah kejadian sehari-hari selama satu hingga dua minggu terakhir. Menceritakannya pada sahabat pena membuat kita memikirkan hari-hari yang telah lalu dan mengambil sari-sari penting dari berbagai kegiatan kita yang akan kita ceritakan pada si sahabat pena.

Halaman Selanjutnya
img_title