SEBASTIAN BACH, Selamat Ulang Tahun ke-56

Sebastian Bach
Sumber :
  • FB: All Access Global ROCK Stream

Jakarta, WISATA – Dilahirkan dengan nama Sebastian Philip Bierk pada 3 April 1968 di Bahama dan dibesarkan di Peterborough, Ontario, ia adalah satu dari delapan bersaudara.

Saudaranya Zac Bierk adalah pensiunan pemain hoki es.

Ayahnya, David Bierk (meninggal tahun 2002), adalah seorang pelukis terkenal.

Dia melukis salah satu sampul album Skid Row dan artistik sampul dalam di album band lain, dan sampul album untuk salah satu rekaman solo Bach, dan artistik dalam untuk karya solo lainnya.

Bach menjadi yakin akan kemampuannya menyanyi, sebagian karena mendengarkan ibu dan bibinya bernyanyi secara informal di rumah dan merasa gembira saat mendengarnya.

Dia juga bergabung dengan paduan suara gereja ketika dia berusia delapan tahun, dan menemukan banyak kegembiraan dalam menyanyikan "Gloria in Excelsis Deo" bersama mereka.

Ia tahu sambil menyanyikan himne bahwa dia akan bernyanyi selama sisa hidupnya.

Sebastian Bach memulai karirnya dengan sebuah band bernama Kid Wikkid pada tahun 1983.

Anggota Kid Wikkid berbasis di Peterborough, Ontario.

Setelah mendengar band tersebut dan tidak mengetahui usia mereka, Bach yang berusia 14 tahun mengikuti audisi untuk grup tersebut, dan dipekerjakan oleh pemain gitar dan pemimpin band Jason Delorme.

Kid Wikkid pindah kembali ke Toronto, dan ayah Bach akhirnya mengizinkan Bach untuk tinggal bersama seorang bibinya.

Bach meninggalkan Kid Wikkid pada tahun 1985.

Skid Row awalnya dibentuk pada pertengahan 1980-an dengan vokalis utama Matt Fallon di grup, dan mereka mulai bermain di berbagai klub di sekitar wilayah New Jersey.

Fallon meninggalkan band pada tahun 1987, menyebabkan Skid Row untuk mencari vokalis utama.

Bach terlihat bernyanyi di pernikahan fotografer rock Mark Weiss oleh orang tua Jon Bon Jovi, yang kemudian mendekatinya dan menyarankan agar dia menghubungi teman putra mereka, Dave Sabo, yang sedang mencari vokalis utama untuk bandnya.

Bach berhati-hati untuk bergabung dengan band lain yang berbasis di AS, setelah sempat menjadi anggota Madam X dari Detroit.

Namun, setelah mendengar rekaman demo Skid Row, Bach terbang ke New Jersey untuk mengikuti audisi dan menjadi vokalis utama band yang sedang naik daun pada awal tahun 1987 itu.

Skid Row mencapai kesuksesan komersial pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, dengan dua album pertamanya Skid Row (1989) dan Slave to the Grind (1991) bersertifikat multi-platinum, yang terakhir mencapai nomor satu di Billboard 200.

Album ketiga band Subhuman Race (1995) juga mendapat pujian kritikus.

Bach telah menerima kritik untuk sebuah foto, diambil pada tahun 1989, di mana dia mengenakan T-shirt bertuliskan "AIDS Kills Fags Dead", plesetan dari tagline pada saat iklan penyemprot hama Raid, "Raid Kills Bugs Dead".

Dalam sebuah wawancara pada tahun 2003, dia menyatakan tentang kontroversi tersebut, "Itu benar-benar bodoh dan salah bagi saya untuk memakainya selama satu setengah jam dalam hidup saya. Apa yang tidak dikemukakan oleh siapa pun adalah pada tahun 2000, ketika saya berada di 'Jekyll & Hyde,' dan di pelelangan Broadway Cares, saya menyumbangkan $12.000 dari uang saya sendiri untuk melawan AIDS."

Menyusul ketidaksepakatan atas materi musik dan membuat marah Bolan, Bach dipecat dari band pada tahun 1996.

Namun, desas-desus beredar bahwa dia telah meninggalkan band karena rekan bandnya yang lain percaya, bahwa mereka tidak boleh bermain sebagai artis pembuka untuk Kiss.

Rekan band Rachel Bolan juga memiliki proyek sampingan, sebuah band punk Prunella Scales yang bermain pada waktu yang sama dengan pertunjukan Kiss yang direncanakan.

Keretakan antara Bach dan anggota band lainnya, kemudian menyebabkan dia meninggalkan Skid Row.

Empat tahun kemudian, Skid Row menjadi salah satu artis pembuka untuk Kiss Farewell Tour 2000, tanpa Bach.

Pada tahun 1993, Bach secara singkat melakukan tur dengan Triumph setelah perilisan album mereka Edge of Excess, mengisi vokal utama sampai band bubar di tahun yang sama.

Di tahun 1996, Bach bergabung dengan The Last Hard Men, sebuah supergrup rock alternatif yang dibentuk oleh gitaris utama Breeders Kelley Deal, yang juga menyertakan gitaris Frogs Jimmy Flemion dan drummer Smashing Pumpkins Jimmy Chamberlin.

Grup merekam album utuh self-titled untuk Atlantic Records, yang kemudian memilih untuk tidak merilisnya.

Pada tahun 1998, album itu dirilis di label milik Kelley Deal, Nice Records, tanpa gembar-gembor dan pencetakan 1.000 CD yang sangat terbatas.

Band ini juga merekam sebuah cover dari lagu Alice Cooper "School's Out" untuk album soundtrack film tahun 1996, Scream.

Pada tahun 1999, Bach merilis album solo debutnya Bring 'Em Bach Alive!, rilisan pertamanya setelah kepergiannya dari Skid Row.

Terutama album live dari lagu Skid Row milik Bach, album itu juga menghadirkan lima rekaman studio baru, termasuk single "Superjerk, Superstar, Supertears".

Pada tahun 2000, Bach mulai tampil di produksi Broadway.

Dia membuat debutnya di Broadway dengan peran utama di Jekyll & Hyde pada April 2000.

Dia juga tampil sebagai Riff Raff di The Rocky Horror Show pada 2001.

Pada 28 November 2001, Bach tampil di New York Steel, sebuah konser amal diadakan sebagai tanggapan atas 9/11.

Pada awal tahun 2002, ia menjadi pembawa acara Forever Wild milik VH1.

Pada bulan Oktober tahun itu, Bach teken kontrak untuk tampil dalam produksi tur nasional Jesus Christ Superstar, memainkan peran utama bersama veteran JCS Carl Anderson.

Sebuah video DVD pertunjukan live berjudul Forever Wild dirilis pada Juni 2004.

Pada tahun yang sama, dia mengulang peran utama dalam pertunjukan Jekyll & Hyde lainnya.

Pada tahun 2003, Bach mencoba audisi untuk Velvet Revolver sebelum band menemukan Scott Weiland, tapi ditolak karena, menurut Slash, "Kami terdengar seperti Skid Roses!".

Dari 2003 hingga 2007, Bach memiliki peran berulang di acara televisi WB Gilmore Girls sebagai "Gil", gitaris utama di band milik Lane Kim, Hep Alien.

Anggota dari Bach Tight Five (sebuah proyek yang diprakarsai oleh Bach pada tahun 2004, tetapi dibubarkan tidak lama kemudian) tinggal bersama Bach dan keluarganya seperti yang didokumentasikan di VH1's I Married ...Sebastian Bach, salah satu serial "I Married ...".

Pada 2005, Bach berkolaborasi dengan Henning Pauly untuk menjadi penyanyi di album Frameshift berjudul An Absence of Empathy, dirilis pada April 2005.

Dia direkomendasikan ke Henning oleh James LaBrie dari Dream Theater.

Pada tanggal 12 dan 14 Mei 2006, di pertunjukan pemanasan Guns N' Roses di Hammerstein Ballroom di New York City, Bach bergabung dengan Axl Rose di atas panggung untuk lagu "My Michelle".

Dia bergabung dengan Rose dan yang lainnya untuk ketiga kalinya pada malam berikutnya (15 Mei) menyanyikan "My Michelle" sekali lagi.

Dia juga bergabung dengan mereka untuk pertunjukan Festival Pra-Download mereka di Apollo Hammersmith, London, menyanyikan My Michelle.

Rose memperkenalkan Bach dengan mengatakan bahwa keduanya telah menghidupkan kembali persahabatan mereka di minggu sebelumnya, setelah 13 tahun tidak berbicara.

Pada tanggal 4, 9 & 11 Juni, dia kembali bergabung dengan Rose di atas panggung di Gods of Metal Festival (Milan) 2006, Download Festival di RDS Dublin dan di Donington.

Pada tanggal 23 September 2006, dia bergabung dengan Axl di atas panggung sekali lagi, di festival Inland Invasion milik KROQ-FM di California untuk membawakan lagu "My Michelle".

Bach membintangi reality show VH1 2006 Supergroup, di mana dia, bersama dengan Ted Nugent, Scott Ian, Jason Bonham dan Evan Seinfeld, ditugaskan untuk membentuk grup musik heavy metal, dengan Bach sebagai vokalis utama.

Serial tujuh episode difilmkan selama periode dua belas hari ketika semua musisi tinggal bersama di sebuah rumah besar di Las Vegas.

Band yang dihasilkan, awalnya bernama "Fist", akhirnya diberi nama Damnocracy, kedua nama itu adalah gagasan Bach.

Damnocracy tidak memiliki rekaman.

Pada tahun 2007, Bach mengumumkan kemitraan label rekaman dengan EMI untuk bersama- sama membuat label miliknya, termasuk albumnya Angel Down, yang dirilis pada 20 November 2007.

Bach juga merekam vokal latar untuk lagu "Sorry" di Chinese Democracy-nya Guns N' Roses yang telah lama tertunda, yang dirilis pada November 2008.

Dia menghabiskan musim panas 2008 bermain dengan Poison dan Dokken.

Dia berkompetisi di reality show MTV 2007 Celebrity Rap Superstar, menempati posisi ketiga.

Bach adalah pemenang musim kedua reality show CMT Gone Country, yang ditayangkan pada tahun 2008.

Bach melakukan tur sebagai pembuka untuk "Chinese Democracy Tour" milik Guns N' Roses pada 2009–2010, dan menampilkan "My Michelle" dengan Axl Rose di Quebec City pada 1 Februari 2010.

Pada 5 Januari 2011, dia tampil di Jimmy Fallon Show milik NBC dalam pertunjukan langsung dan video berikutnya dari "We Are The Ducks", sebuah power ballad yang ditulis untuk University of Oregon Ducks, akan dimainkan dalam pertandingan kejuaraan nasional BCS Senin, 10 Januari 2011. Pada 2011, Bach diwawancarai oleh band metalcore Inggris Asking Alexandria dalam Revolver edisi Maret/April.

Band ini adalah penggemar Skid Row dan meng-cover dua lagu mereka pada wawancara tahun sebelumnya.

Pada tahun yang sama, Bach membawakan "Youth Gone Wild" dengan band secara live di Revolver Golden Gods Awards dan Rock on the Range.

Bach juga difilmkan dalam video musik mereka "Closure".

Bach mengisi suara Pangeran Triton, putra pemberontak Raja Neptunus, di episode SpongeBob SquarePants, "SpongeBob and the Clash of Triton" pada 2010.

Pada 15 Juni 2011, Bach mengungkapkan judul album solonya yang akan datang adalah Kicking & Screaming.

Pada 8 Juli 2011 daftar lagu, gambar sampul dan judul single pertama terungkap.

Album itu dirilis 27 September 2011 untuk Amerika Utara dan seluruh dunia dan 23 September 2011 untuk Eropa di Frontiers Records.

Pada 13 Agustus 2012, Nick Sterling dipecat oleh Bach, setelah menolak menandatangani perjanjian untuk tampil di acara TV yang dirahasiakan.

Dibentuk pada tahun 2007, Big Noize adalah band All-Star yang terdiri dari anggota pendiri dan drummer Vinny Appice (Black Sabbath, Dio, Heaven & Hell) plus "monster" lainnya seperti gitaris Carlos Cavazo (Quiet Riot), kemudian digantikan oleh George Lynch (Dokken, Lynch Mob), bassis Phil Soussan (Ozzy Osbourne) dan vokalis Joe Lynn Turner (Rainbow).

Turner digantikan oleh Bach untuk festival Kavarna Rock pada 14 Juli 2012 dan untuk tur ke Amerika Selatan, dimulai di Chili pada 9 Juli 2013.

Pada 30 April 2013, Bach mengonfirmasi melalui Twitter bahwa album studio baru sedang dikerjakan.

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa Bob Marlette akan kembali sebagai produser.

Bach berkolaborasi untuk album mendatang dengan John 5, Duff McKagan, dan Steve Stevens.

Pada 13 Januari 2014, Give 'Em Hell diumumkan dengan tanggal rilis prospektif 22 April 2014.  

Dia juga tampil di dua episode Trailer Park Boys dari musim 2014 mereka.

Pada tahun 2014, Bach menyelesaikan tur Give 'Em Hell miliknya dan pada tahun 2015, Bach melanjutkan tur lainnya bertajuk tur "18 and LIVE".

Pada tahun 2019, Bach melakukan tur untuk memperingati 30 tahun album debut self-title Skid Row, memainkannya secara langsung secara keseluruhan.

Pada 20 Juli 2021, diumumkan bahwa Bach akan melakukan tur pada musim gugur untuk peringatan 30 tahun Slave to the Grind milik Skid Row.

Bach pernah tinggal di Red Bank, New Jersey.

Pada Agustus 2011, rumahnya di New Jersey rusak akibat Badai Irene dan dinyatakan tidak dapat dihuni.

Beberapa artefak Kiss dan Skid Row (termasuk kaset master Skid Row) ada di dalam rumah, tetapi tidak ada yang rusak.

Artistik ayahnya, buku komik, dan gargoyle Kiss dari tur 1979 mereka juga diselamatkan.

Pada pertengahan 1980-an, Bach mulai berkencan dengan Maria Aquinar.

Pasangan itu memiliki seorang putra, Paris, pada tahun 1988.

Bach dan Aquinar menikah pada Juli 1992 dan memiliki seorang putra lagi, London, pada tahun 1994 dan seorang putri, Sebastiana, lahir pada tahun 2007.

Bach dan Aquinar berpisah pada April 2010.

Pada Desember 2010, Bach mulai berkencan dengan model Minnie Gupta.

Mereka bertunangan pada April 2012 tetapi mengakhiri pertunangan mereka pada akhir 2014.

Pada 28 Desember 2014, Bach bertunangan dengan Suzanne Le setelah dua bulan berpacaran.

Mereka menikah pada Agustus 2015 dan saat ini tinggal di Los Angeles.

Pada 13 Juli 2017, Bach menjalani operasi hernia yang "singing-related".

Dia mulai pulih sebulan kemudian dan kemudian menjelaskan bahwa operasi itu diperlukan, "karena (dia) benar-benar menjerit sekuat tenaga."

(Sumber: All Access Global ROCK Stream)


INFO KASET: Skid Row, Heavy 29th Anniversary Subhuman Race