INFO KASET: SKid Row, Heavy 35th Anniversary Self-Titled Debut Album

Skid Row Merilis Album "Skid Row" pada 24 Januari 1989
Sumber :
  • FB: All Access Global ROCK Stream

Jakarta, WISATA – Band Skid Row merilis album studio debut mereka Skid Row, pada 24 Januari 1989 melalui Atlantic Records.

Skid Row dibentuk pada tahun 1986 di Toms River, New Jersey saat gitaris Dave Sabo bersua bassis Rachel Bolan di sebuah toko gitar lokal, dimana Sabo bekerja.

Mereka berdua memiliki pengaruh musik yang serupa dan segera mulai melakukan latihan di garasi milik keluarga Bolan.

Gitaris Scotti Hill datang dari band klub terdahulu milik Bolan, dan kenalan Sabo, Rob Affuso bermain drum di band penghormatan Rush.

Saat band sudah terbentuk, Skid Row mulai tampil di klub malam sepanjang wilayah timur AS dan dengan cepat mendapatkan penggemar kecil.

Sabo adalah teman masa kecil dari Jon Bon Jovi dan mereka setuju, jika salah satu dari mereka mendapatkan kesuksesan di bisnis musik, dia akan membantu yang lainnya.

Skid Row mendapatkan perhatian dari manajer Bon Jovi, Doc McGhee, saat membuka tur untuk Bon Jovi di Slippery When Wet Tour 1987 miliknya.

McGhee menyarankan band untuk mengganti penyanyi asli Matt Fallon, karena kurang mendukung kemampuan anggota band lainnya.

Untuk menghindari masalah hukum hak cipta, manajemen grup membayar gitaris Gary Moore sejumlah $35.000 untuk hak nama dari band milik Moore.

Sebastian Bach diperkenalkan pada Skid Row oleh Dave Feld, seorang teman band, yang melihat Bach menyanyikan lagu-lagu Led Zeppelin di pernikahan fotografer rock Mark Weiss.

Setelah melengkapi formasi, grup menandatangani kontrak dengan perusahaan penerbitan milik Richie Sambora dan Jon Bon Jovi, Underground, yang tanpa sadar, memberi mereka bagian terbesar dari royalti grup itu.

Skid Row kemudian mendapatkan kembali pembagian royalti dari Sambora, tapi Bon Jovi menyimpan miliknya, yang menyebabkan pertikaian antara Bon Jovi dan Bach.

Setelah bernegosiasi dengan sejumlah label seperti Geffen, Atlantic dan A&M, Skid Row bernaung dengan Atlantic pada tahun 1988.

Band masuk ke Royal Recorders di Lake Geneva, Wisconsin dengan produser Michael Wagener untuk merekam debutnya.

Studio itu terletak di belakang hotel dimana band menginap.

Skid Row bekerja sesuai dengan jadwal yang dibuat oleh Wagener dan bertahan selama rekaman.

Rekaman itu berjalan dengan mulus karena band sudah membawakan lagu-lagu tersebut selama satu tahun.

Label pada awalnya mencetak 150.000 buah dari album itu dan memberi band sebuah tempat di 1988-1989 New Jersey Syndicate Tour milik Bon Jovi.

Band mempromosikan Skid Row sebagai band pembuka pada tur dunia oleh Bon Jovi dan Aerosmith pada 1989-1990.

Album ini mencapai nomor enam di Billboard 200 dan disertifikasi 5x platinum oleh RIAA pada 1995 karena terjual lima juta di AS saja.

Album ini menelurkan tiga buah single: "Youth Gone Wild" dirilis pada Januari 1989, "18 and Life" dirilis pada 16 Juni 1989 dan "I Remember You" dirilis pada 18 November 1989.

Ketiga single tersebut dibuatkan video musiknya dan menerima pemutaran rutin di MTV.

Kesuksesan komersil dan kritis, membuat Skid Row menjadi penampil rutin di majalah-majalah rock dan membawa grup ini menjadi terkenal secara luas.

Skid Row mendapatkan tanggapan yang positif dari para kritikus musik: Allmusic dan Sputnikmusik memberikan 4 dari 5 bintang serta Q magazine memberikan 3 dari 5 bintang.

Daftar Lagu:
1. Big Guns
2. Sweet Little Sister
3. Can't Stand the Heartache
4. Piece of Me
5. 18 and Life
6. Rattlesnake Shake
7. 18 and Life
8. Youth Gone Wild
9. Here I Am
10. Makin' A Mess
11. I Remember You
12. Midnight/Tornado

Personel:
• Sebastian Bach – lead vocals
• Rachel Bolan – bass guitar, backing vocals
• Scotti Hill – guitar, backing vocals
• Dave Sabo – guitar, backing vocals
• Rob Affuso – drums, percussion

(Sumber: FB:All Access Global ROCK Stream)

INFO KASET: Skid Row, Heavy 29th Anniversary Subhuman Race