KTT ke-43 ASEAN: Fakta Menarik dari Pangeran Abdul Mateen, Putra Sultan Brunei yang Jadi Sorotan

Pangeran Mateen foto bersama dengan Presiden Jokowi
Sumber :
  • IG/tmski

WISATA – Ada beberapa perwakilan undangan yang menarik perhatian di KTT ke-43 ASEAN dan menjadi sorotan, diantaranya adalah Pangeran Mateen Bolkiah putra dari Sultan Brunei Hassanal Bolkiah. Pangeran Abdul Mateen tiba di Jakarta pada Senin, 4 September 2023, bersama dengan Sultan Brunei. Mereka disambut oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana di Bandara Soekarno-Hatta. Keesokan harinya, mereka menghadiri pembukaan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC). Pangeran Abdul Mateen mengenakan setelan jas hitam yang formal dan elegan.

KTT ke-43 ASEAN: Siwon, Bintang K-Pop yang Berperan Aktif dalam KTT ASEAN 2023 sebagai Duta UNICEF

Pangeran Mateen Bolkiah

Photo :
  • IG/tmski

Pangeran Abdul Mateen lahir pada 10 Agustus 1991 dan merupakan anak kesepuluh dari 12 bersaudara. Ia memiliki darah Inggris dan Jepang dari Ibunya, Puan Mariam binti Abdul Aziz yang merupakan mantan istri kedua sultan.  

KTT ke-43 ASEAN : Hutan Kota GBK Sambut Tamu Kehormatan KTT ASEAN 2023 dengan Gala Dinner Eksotis

Pangeran Abdul Mateen menempuh pendidikan militer di Royal Military Academy Sandhurst, Inggris Raya, dan lulus pada 2011. Ia kemudian menjadi letnan di tentara Brunei. Ia juga menyelesaikan studi master dalam diplomasi internasional di London University pada 2016.

Sebagai seorang anak sultan, Pangeran Abdul Mateen sering mewakili ayahnya dalam acara resmi di seluruh dunia, termasuk KTT ASEAN. Pangeran Mateen pernah menjadi pembicara topik terorisme di Pertemuan kepala Pemerintahan Persemakmuran di Malta pada Tahun 2015, Ia juga turut menghadiri pelantikan Presiden Joko Widodo pada Tahun 2019.

KTT ke-43 ASEAN: Ribuan Personel Polri Dikerahkan untuk Pengamanan KTT ASEAN 2023, Ini Rinciannya

Pangeran Mateen juga ikut mendampingi Sultan Brunai di KTT Asean sebelumnya, yaitu  KTT Asean ke-42 di Labuan Bajo. Bahkan Pangeran juga ikut serta dalam agenda Joy Sailing di atas kapal pinisi bersama para tamu undangan dan delegasi  KTT ASEAN waktu itu.

Halaman Selanjutnya
img_title