Slovenia Mendukung Pengakuan Palestina sebagai Negara: Langkah Bersejarah dalam Diplomasi

Tanja Fajon
Sumber :
  • tvonews.com

Ljubljana, 30 Mei 2024 - Pemerintah Slovenia pada Kamis (30/5/2024) mengambil langkah signifikan dengan mendukung mosi untuk mengakui Palestina sebagai sebuah negara. Langkah ini merupakan bagian dari upaya Slovenia untuk memperkuat posisinya sebagai promotor perdamaian dan keamanan di panggung internasional.

So Ju-Yeon, Kim Kang-Min, dan Yeon Je-Hyung akan Bintangi Drama Rom-Com Baru ‘Sorry for Confessing’

Perdana Menteri Slovenia, Robert Golob, mengumumkan bahwa pemerintahnya telah merujuk mosi tersebut ke Majelis Nasional untuk mendapatkan persetujuan akhir. Pemungutan suara mengenai mosi ini diperkirakan akan dilakukan minggu depan, sesuai laporan dari badan pers Slovenia.

Proses Pengakuan

Pertemuan Sherpa G20: Indonesia Advokasi untuk Gaza dan Keterlibatan Masyarakat Sipil

Kementerian Luar Negeri Slovenia menyatakan bahwa pengakuan kemerdekaan Palestina adalah cara untuk mengirimkan sinyal kuat kepada negara-negara lain agar mengikuti jejak Slovenia, Irlandia, Norwegia, dan Spanyol. Langkah ini juga menegaskan kembali peran Slovenia di Dewan Keamanan PBB sebagai promotor perdamaian dan keamanan.

"Saya senang Pemerintah Slovenia mengambil langkah bersejarah ini. Bangsa Israel dan Palestina mempunyai hak untuk membesarkan anak-anak mereka dengan damai, aman, dan sejahtera di negara mereka masing-masing," ujar Menteri Luar Negeri Slovenia, Tanja Fajon, pada Kamis. Ia menekankan bahwa pengakuan atas Palestina sebagai negara adalah satu-satunya cara kedua bangsa tersebut dapat hidup berdampingan secara damai.

Menteri Airlangga Hartarto Bertemu Dmitry Medvedev untuk Perkuat Hubungan Bilateral

Dukungan dari Negara-Negara Eropa

Langkah Slovenia ini diambil hanya dua hari setelah Irlandia, Norwegia, dan Spanyol secara resmi mengakui negara Palestina. Pada 9 Mei, pemerintah Slovenia telah meluncurkan prosedur untuk mengakui negara Palestina, yang menjadi sinyal kuat bahwa semakin banyak negara Eropa yang mendukung pengakuan tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title