INFO HAJI: Jemaah Haji Indonesia akan Menghuni 108 Hotel Bintang di Makkah

Infografis sebaran wilayah hotel jemaah haji Indonesia di Makkah
Sumber :
  • https://kemenag.go.id/pers-rilis

Wisata – Makkah (Kemenag),  Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah menyiapkan 108 hotel yang akan digunakan untuk jemaah haji Indonesia di Makkah. Setiap akomodasi yang disediakan memiliki standar minimal setara dengan hotel bintang tiga, bahkan ada juga hotel-hotel yang setara dengan bintang empat dan lima.

INFO HAJI 2024: Bus Shalawat Berhenti Operasi Jumat Dini Hari, Jemaah Diimbau Salat Jumat di Hotel

Hotel-hotel yang telah dipersiapkan tersebut terletak di lima kawasan yang berbeda, yaitu Mahbas Jin dengan 17 hotel, Jarwal dengan 10 hotel, Raudlah dengan 15 hotel, Misfalah dengan 26 hotel, dan Syisyah dengan 40 hotel. Jemaah haji Indonesia dijadwalkan akan mulai tiba di Makkah pada tanggal 2 Juni 2023.

Ketua PPIH Arab Saudi, Subhan Cholid, menjelaskan bahwa penempatan jemaah haji Indonesia di hotel-hotel Makkah didasarkan pada sebaran embarkasi keberangkatan. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama telah menerbitkan keputusan mengenai penempatan akomodasi jemaah haji Indonesia di Makkah dan Madinah 1444 H/2023 M.

INFO HAJI 2024: Mulai Hari Ini, 11-15 Juni 2024, Operasional Bus Shalawat Berhenti Sementara

"Ketentuan penempatan jemaah haji Indonesia sudah terbit. Ini akan menjadi pedoman penempatan jemaah haji Indonesia saat tiba di Makkah. Penempatan itu berdasarkan sebaran embarkasi keberangkatan mereka," jelas Subhan di Makkah pada Sabtu (27/5/2023).

Subhan juga menyebutkan bahwa pihaknya telah melakukan pengecekan akhir dan 108 hotel yang dikontrak sudah siap digunakan sebagai tempat tinggal jemaah haji Indonesia selama di Makkah. Lokasi hotel-hotel di Makkah dibagi menjadi 11 sektor, dan terdapat juga satu sektor khusus dekat Masjidil Haram. Jarak terdekat antara hotel-hotel tersebut dengan Masjidil Haram sekitar 850 meter di Jarwal, sedangkan jarak terjauh mencapai sekitar 4.339 meter di Syisyah.

INFO HAJI 2024: Jelang Puncak Haji, PPIH Terus Benahi Persiapan Armuzna dan Kesiapan Jemaah

"PPIH Arab Saudi telah menyiapkan Bus Shalawat untuk mengantar jemaah ke Masjidil Haram, baik pergi maupun pulang. Bus Shalawat ini akan beroperasi selama 24 jam," tambahnya.

Berikut adalah sebaran hotel-hotel jemaah haji Indonesia di Makkah berdasarkan embarkasi per provinsi:

1.    Embarkasi Jakarta - Bekasi (JKS)

·         Jemaah asal Jawa Barat

Halaman Selanjutnya
img_title