INFO HAJI 2024: Jelang Puncak Haji, PPIH Terus Benahi Persiapan Armuzna dan Kesiapan Jemaah

Menag Tinjau Fasilitas Tenda Jemaah Haji di Arafah
Sumber :
  • kemenag.go.id

Jakarta, WISATA Pemberangkatan jemaah haji Indonesia ke tanah suci terus berlangsung.

Rangkaian prosesi awal ibadah haji ini akan berakhir pada tanggal 10 Juni 2024 mendatang.

Sejauh ini, sudah 80% dari total jemaah haji reguler sebanyak 213.320 orang, sudah tiba di Kota Makkah Al-Mukrrahmah, layanan jemaah pun mulai terkonsentrasi di Makkah.

“Sejalan dengan itu, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) terus mengintensifkan persiapan menjelang puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina,” kata Anggota Media Center Kementerian Agama, Widi Dwinanda di Selasa (4/6/2024).

Widi menyatakan, seiring persiapan yang dilakukan PPIH untuk puncak haji mendatang, jemaah agar mempersiapkan diri sebaik mungkin, terutama kesiapan kesehatan fisik.

“Jemaah dapat memaksimalkan musala hotel dan masjid sekitar hotel untuk aktivitas ibadahnya. Membatasi bepergian ke luar hotel dan salat di Masjidil Haram yang saat ini mulai padat oleh jemaah haji dari seluruh dunia,” imbuh Widi.

“Selain itu, pastikan dokumen penting berupa smart card, gelang jemaah, dan dokumen penting lainnya sebagai syarat masuk Armuzna telah aman dan tersimpan dengan baik,” sambungnya.

“Bila smart card-nya hilang, segera laporkan ke petugas haji untuk diproses penggantiannya,” ia menambahkan.

INFO HAJI 2024: Bus Shalawat Berhenti Operasi Jumat Dini Hari, Jemaah Diimbau Salat Jumat di Hotel

Persiapan tenda di Arafah

Photo :
  • https://kemenag.go.id/pers-rilis/10-toilet-tambahan-disiapkan-di-setiap-maktab-OdLuj

Terkait pelaksanaan pembayaran dam, Widi menjelaskan, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI telah menerbitkan Surat Edaran Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Nomor 04 Tahun 2024 Tentang Petunjuk Teknis Pembayaran Dam/Hadyu Tahun 1445 H/2024 M.

“Edaran ini terbit sebagai bagian dari upaya pelindungan kepada jemaah haji, sekaligus memastikan pengelolaan pemotongan dam berjalan sesuai dengan ketentuan syariah,” jelas Widi.

Menurut Widi, edaran itu juga menginformasikan besaran biaya dam dan lembaga yang bisa menjadi tempat membayar dam.

Dalam petunjuk teknis, jelas Widi, terdapat standar dan komponen biaya dam yang dapat dijadikan acuan para jemaah dan petugas.

INFO HAJI 2024: Puji Kinerja Petugas, Menag: Tetap Fokus, Urusan Politik, Saya yang Tanggung

Jemaah Haji 1444H/2023M di Tenda Mina

Photo :
  • Maman Abdurahman

“Mekanisme pembayarannya dapat berupa cash atau transfer ke rekening Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Waktu penyembelihannya, pada tanggal 10 sampai 13 Zulhijah 1445 H/2024 M,” ucapnya.

“Hewan dam yang telah disembelih dikirimkan dan didistribuksikan dalam bentuk retort atau karkas untuk wilayah Makkah dan/atau Indonesia,” pungkasnya.

(Sumber: kemenag.go.id)

INFO HAJI 2024: Armuzna Usai, Bus Shalawat Kembali Beroperasi Layani Jemaah Haji, 183 Jemaah Wafat