5 Juli - Peringatan Hari Bank Indonesia dan Ulang Tahun BNI ke-77 yang Banyak Promo

Bank Indonesia
Sumber :
  • IG/bank_indonesia

Wisata – Hari ini, 5 Juli 2023, adalah peringatan hari Bank Indonesia. Bank Indonesia (BI) adalah bank sentral Republik Indonesia yang bertanggung jawab atas kebijakan moneter, stabilitas sistem keuangan, dan pengelolaan sistem pembayaran. Peringatan ini ditetapkan sebagai Hari BI sesuai dengan riwayat Bank Nasional Indonesia (BNI) sejak 5 Juli 1946.

Apresiasi kepada Tim Thomas Cup dan Uber Cup Indonesia yang Pantang Menyerah

Berdasarkan Undang-Undang Darurat 5 Juli 1946, BNI adalah bank pertama yang didirikan pemerintah Indonesia setelah kemerdekaan. Sementara itu, BI disahkan menjadi bank sentral oleh pemerintah RI pada 1 Juli 1953 melalui undang-undang.

Setelah Bank Indonesia (BI) resmi menjadi bank sentral pemerintah Indonesia, BNI dialihfungsikan sebagai bank pembangunan. BNI ditetapkan sebagai bank umum sejak 1955, dan saat ini berstatus sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Namun meski BI disahkan pada tanggal 1 Juli 1953, Hari Bank Indonesia tetap diperingati setiap tanggal 5 Juli sesuai dengan berdirinya Bank Nasional Indonesia (BNI).

Wellness Etnaprana dan Massage Gun: Memanjakan Diri dengan Kearifan Lokal dan Teknologi Modern

BI menjadi bank sentral yang independen dengan tujuan utama mencapai dan menjaga kestabilan nilai rupiah. Dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, BI didukung oleh sembilan kantor perwakilan di seluruh Indonesia dan satu kantor perwakilan di New York, Amerika Serikat. BI juga memiliki peran penting dalam mendukung pembangunan ekonomi nasional melalui berbagai program dan inisiatif, seperti pemberdayaan UMKM, inklusi keuangan, edukasi keuangan, dan literasi keuangan. Di tengah tantangan global dan domestik yang semakin kompleks, Bank Indonesia terus berupaya meningkatkan kinerja dan kredibilitasnya sebagai bank sentral yang profesional, transparan, dan akuntabel.

 

Carut-Marut Data UMKM di Indonesia, Ini Solusinya Menurut Ketua KOPITU

HUT BNI ke - 77

Photo :
  • IG/bni.malang

 

Halaman Selanjutnya
img_title