KOPITU Bersama Wakil Menteri Kemendesa Siapkan Program Desa AI dan Mobil Listrik untuk Pertanian

Yoyok Pitoyo Bersama Wakil Menteri di Kementerian Desa RI
Sumber :
  • Handoko/istimewa

Jakarta, WISATA - Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Bersatu (KOPITU) bersama mitra dari KOPITU Korea mengadakan pertemuan penting dengan Wakil Menteri Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI (Kemendesa) untuk membahas pengembangan teknologi Mobil Listrik dan Desa AI dalam layanan dan pertanian pedesaan.

Terkait Kemajuan Artificial Intelligence, Inilah yang Harus Diwaspadai

Yoyok Pitoyo, Ketua Umum KOPITU, bersama Moon dan perwakilan dari KOPITU Korea didampingi oleh Sugito, Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan, bertemu langsung dengan Paiman Raharjo, Wakil Menteri Kemendesa. Dalam kesempatan ini, KOPITU dan mitra dari KOPITU Korea membawa dua rencana program inovatif yang diharapkan memberikan manfaat besar bagi desa-desa di Indonesia, yaitu Desa AI dan Mobil Listrik Pertanian.

Program Desa AI bertujuan untuk meningkatkan efisiensi layanan di tingkat desa melalui pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) yang dapat membantu perangkat desa dalam melayani masyarakat secara lebih optimal.

Menuju Indonesia Emas 2045: Entrepeneur, Jantung Ekonomi, Harus Dinaikkan

Sementara itu, Program Mobil Listrik Pertanian ditujukan untuk mendukung moda transportasi dan peralatan mesin pertanian yang lebih modern, ramah lingkungan, dan lebih terjangkau secara ekonomis dibandingkan dengan kendaraan dan mesin konvensional.

Yoyok Pitoyo menyampaikan harapannya, "Dengan adanya program Desa AI dan Mobil Listrik ini, kami berharap pelayanan di tingkat desa dapat berjalan dengan baik, serta para petani dapat merasakan kehadiran teknologi yang nyata dalam mendukung berbagai aspek pertanian di tingkat desa."

Potensi Bahaya Teknologi Tak Terkendali: Bayang-bayang The Matrix di Dunia Nyata

Respons positif juga datang dari Wakil Menteri Kemendesa, Paiman Raharjo, "Ini adalah inovasi yang bagus dan kami sangat mendukung program ini agar dapat dilaksanakan di seluruh desa di Indonesia."

Melalui program-program ini, KOPITU berharap dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi setiap desa di Indonesia, termasuk yang berada di wilayah terluar. Dengan kesiapan KOPITU dan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan rencana program ini dapat terwujud dengan baik dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat desa.