LEBARAN 2024: Mudik Gratis Pesepeda Motor dengan Bus dan Kapal, Daftar Mulai Hari Ini, 5 Maret 2024

Daftar Mudik Gratis Mulai Dibuka Hari Ini, 5 Maret 2024
Sumber :
  • viva.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta, WISATA – Seperti biasanya pada momen Lebaran, Kementerian Perhubungan RI menggelar kegiatan mudik gratis untuk masyarakat.

Tahun ini, kegiatan tersebut juga akan dilaksanakan.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi jumlah kecelakaan yang dialami para pengendara sepeda motor.

Risiko berpergian jauh dengan sepeda motor sangat berisiko, karena sepeda motor selain tidak didesain untuk perjalanan jauh, juga risiko terjadinya kecelakaan lalulintas yang melibatkan sepeda motor sangat tinggi.

Tahun 2023 lalu, data dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menyebutkan, jumlah kecelakaan lalu lintas (lalin) tahun 2023 di Indonesia mencapai 116 ribu kejadian, 77% di antaranya melibatkan sepeda motor sebagai penyebabnya.

Melihat besarnya risiko yang dihadapi pemudik yang menggunakan sepeda motor, Kemenhub mengajak masyarakat untuk bergabung dalam program mudik gratis.

Selain penumpang, sepeda motornya juga akan juga akan diangkut secara gratis, sehingga bisa digunakan untuk bepergian di tempat tujuan nanti.

Juru Bicara Kemenhub RI, Adita Irawati, mengajak masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik lebaran yang aman dan nyaman.

“Jangan mudik menggunakan sepeda motor, mengingat potensi bahaya kecelakaannya sangat tinggi. Gunakan transportasi umum atau memanfaatkan program mudik gratis,” ujarnya.

Berbagai Moda Mudik Gratis Program Mudik Gratis diselenggarakan melalui berbagai moda, yaitu moda transportasi darat, moda transportasi laut, serta moda kereta api.

Untuk jalur darat, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat menggelar program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dan Truk”.

Pendaftaran program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dapat dilakukan melalui aplikasi Mitra Darat, mulai hari Selasa, 5 Maret-3 April 2024.

Pada arus mudik dan balik tersedia 722 unit bus untuk 30.088 penumpang dan 30 unit truk untuk 900 unit sepeda motor.

Keberangkatan arus mudik akan dilakukan pada 5 April-7 April 2024, sedangkan keberangkatan arus balik akan dilakuan pada 14 dan 15 April 2024.

Untuk jalur laut, Ditjen Perhubungan Laut mengadakan program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut”, dengan kuota untuk 9.800 penumpang dan 4.800 unit sepeda motor, pada 3-17 April 2024.

(Sumber: kemenhub.go.id)

MUDIK GRATIS: Alasan Mengapa Motor Listrik Tidak Dapat Ikut Program Mudik Gratis 2024