INFO HAJI: Kementerian Agama Fokus pada Jemaah Haji Lansia di Makkah

Ketua PPIH Arab Saudi Subhan Cholid
Sumber :
  • https://kemenag.go.id/pers-rilis

Makkah WISATA - Pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1444 H/2023 M, jemaah haji Indonesia yang berusia 65 tahun ke atas sangat banyak. Jumlahnya mencapai 67.000 orang, yang merupakan sekitar 30% dari total kuota jemaah haji Indonesia tahun ini, yang mencapai 229.000 orang.

INFO HAJI 2024: Witan Sulaeman Sudah Tiba di Kota Jedah, Apresiasi Haji Ramah Lansia

Kementerian Agama telah menetapkan tagline "Haji Ramah Lansia" untuk penyelenggaraan tahun ini. Sejumlah upaya telah dilakukan untuk memberikan layanan optimal kepada seluruh jemaah haji, terutama mereka yang termasuk dalam kategori lansia.

Menurut definisi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lansia adalah orang yang berusia 60 tahun ke atas. Namun, Kementerian Agama menetapkan prioritas lansia tahun ini adalah jemaah dengan usia 65 tahun ke atas.

INFO HAJI 2024: Viral Foto Lansia Tanpa Identitas di Madinah, Bukan Jemaah Reguler dan Khusus, Lho?

"Sejak awal perencanaan, kami telah melibatkan ahli geriatri dari Universitas Indonesia untuk merumuskan konsep layanan, prosedur operasional, serta pemantauan dan pengawasan kesehatan jemaah haji lansia selama operasional," jelas Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Subhan Cholid di Makkah pada Jumat (16/6/2023).

Pedoman dari ahli geriatri juga dijadikan materi dalam proses manasik haji. Kementerian Agama telah menyusun buku pedoman Manasik Haji Ramah Lansia. Penguatan layanan ramah lansia ini telah disosialisasikan sejak di Tanah Air, terutama melalui proses manasik haji jemaah di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan dan Kantor Kemenag Kabupaten/Kota.

INFO HAJI 2024: Jemaah Haji Tertua dari Aceh Berumur 96 Tahun, Termuda 18 Tahun

Proses manasik bagi jemaah haji yang berada di Pulau Jawa dilakukan delapan kali, sementara di luar Pulau Jawa dilakukan 10 kali. Upaya ini melibatkan Kankemenag Kabupaten/Kota dan KUA dalam memberikan pembekalan kepada jemaah.

Upaya ketiga yang dilakukan adalah menyiapkan sarana transportasi yang ramah lansia, terutama bus shalawat yang mengantar jemaah haji dari hotel ke Masjidil Haram, pergi-pulang. PPIH telah menyiapkan 450 armada bus shalawat yang dilengkapi dengan fasilitas yang mudah diakses dan ramah lansia.

Halaman Selanjutnya
img_title