Kerennn….Tank Harimau Bikinan Dalam Lokal, Jago Bertempur Jarak Dekat

Tank Harimau Bikinan Dalam Negeri, PT. Pindad
Sumber :
  • PT. Pindad

Jakarta, WISATATank Harimau didesain khusus untuk daerah operasi tropis seperti hutan dan pesisir pantai. Mengingat bobotnya yang lebih ringan dari Main Battle Tank.

KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2026: Bikin Roberto Mancini Waspada, Ini Prediksi Line-up Timnas Hadapi Arab

Kesatuan militer Indonesia sudah menggunakan produk tank kelas medium buatan dalam negeri, sebagai kemandirian alat pertahanan. Industri pertahanan nasional melalui PT. Pindad Bandung mampu memproduksi tank kelas medium bernama Harimau.

Tahun 2023 ini, 18 unit Medium Tank Harimau kolaborasi PT. Pindad dengan FNSS Turki, akan memperkuat jajaran TNI-AD.

BEASISWA SANTRI: Segera Dibuka, Program Beasiswa 1.000 Santri, Ini Syarat dan Ketentuannya

Seperti dilansir dari keterangan resmi Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI (25/5/2023), dijelaskan dari jumlah itu, 10 unit sudah diproduksi di Turki dan 8 unit lainnya di Indonesia. Bahkan TNI-AD berencana menambah kelengkapan kendaraan tempur (ranpur) dengan drone pengintai, untuk mengadaptasi tuntutan operasi pertempuran.

Penyediaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) tersebut merupakan wujud komitmen dari Kementerian Pertahanan RI dalam memenuhi kebutuhan dan modernisasi alutsista TNI. Realisasi tersebut, sesuai dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo agar industri pertahanan dalam negeri mendapat kesempatan menjalin kerja sama dengan negara lain. "Salah satunya, mendorong kerja sama PT Pindad dengan FNSS Turki dalam produksi Medium Tank Harimau,” tulis keterangan Kemhan RI.

Prakiraan Cuaca Daerah Istimewa Yogyakarta, Tanggal 3 Juli 2024

Tank Harimau sendiri memiliki bobot 30 ton dengan power to weight ratio 24 tenaga kuda per ton. Jumlah personel mengoperasikan medium tank Harimau adalah tiga orang, terdiri dua orang pada turret (komandan dan juru tembak), serta seorang pengemudi.

Alat tempur ini juga dilengkapi dengan two-man turret kaliber 105 mm, serta senapan mesin kaliber 7,62 mm dengan menggunakan teknologi terbaru antar lain sistem kewaspadaan mandiri, sistem alarm ketika ditarget musuh, sistem pemburu musuh, sistem manajemen pertempuran, dan sistem proteksi hingga level 5, untuk proteksi balistik tingkat tertinggi.

Halaman Selanjutnya
img_title