INFO HAJI: Layanan Katering di Makkah Berhenti Sementara pada 7, 14, dan 15 Zulhijjah 1444 H

Arsad Hidayat
Sumber :
  • https://kemenag.go.id/pers-rilis

WISATA –Madinah (Kemenag),  Petugas Penyelenggaran Ibadah Haji (PPIH) di Arab Saudi telah menyiapkan paket konsumsi yang mencakup 66 kali makan untuk jemaah haji selama tinggal di Makkah. Layanan katering ini akan disediakan tiga kali sehari sejak kedatangan awal jemaah haji di Kota Kelahiran Nabi Muhammad Saw.

INFO HAJI 2024: Sabtu, 22 Juni 2024, Jemaah Gelombang I Mulai Terbang, Kembali ke Tanah Air

Direktur Bina Haji Kementerian Agama (Kemenag), Arsad Hidayat, mengungkapkan bahwa rata-rata jemaah akan menerima layanan katering di Makkah selama kurang lebih 22 hari. Namun, ada periode di mana layanan katering akan dihentikan sementara.

"Sebelum dan setelah puncak haji, layanan katering di Makkah akan dihentikan sementara. Pada tanggal 7 Zulhijjah serta 14 dan 15 Zulhijjah 1444 H, layanan katering akan berhenti," jelas Arsad Hidayat di Madinah pada hari Minggu (11/6/2023).

INFO HAJI 2024: Jumat Ini, 6 Kloter Pertama Menuju Madinah untuk Kembali ke Tanah Air, Sabtu Esok

Penyebab penghentian sementara layanan katering pada tanggal-tanggal tersebut adalah karena kondisi di Makkah yang sudah sangat padat. Jemaah dari seluruh dunia telah berkumpul di Makkah, menyebabkan kemacetan yang tidak memungkinkan untuk mendistribusikan layanan katering.

"Akses ke daerah yang jauh saja membutuhkan waktu yang lama, apalagi daerah yang dekat hanya dalam jarak dua kilometer saja. Jika ada layanan katering, kemungkinan akan terjadi keterlambatan dalam penyaluran makanan kepada jemaah," tambahnya.

INFO HAJI 2024: Bus Shalawat Berhenti Operasi Jumat Dini Hari, Jemaah Diimbau Salat Jumat di Hotel

Selama periode penghentian sementara layanan katering, jemaah diperbolehkan untuk membeli makanan dari pedagang yang berjualan di sekitar hotel.

Namun, pada periode puncak haji, mulai dari tanggal 8 hingga 13 Zulhijjah, jemaah tetap akan menerima layanan katering. Layanan ini akan disediakan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

Halaman Selanjutnya
img_title