JAKARTA : Siap-siap, Akan Ada Razia Uji Emisi untuk Kendaraan Bermotor Anda Mulai 1 November 2023

uji emisi
Sumber :
  • IG/uji.emisi

Jakarta, WISATA – Mulai 1 November 2023, Polda Metro Jaya dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan kembali melaksanakan razia uji emisi dengan menerapkan sanksi tilang bagi kendaraan bermotor yang tidak lulus uji emisi. Langkah ini diambil setelah evaluasi yang melibatkan berbagai pihak.

KUALITAS UDARA: Depok, Jawa Barat, Peringatan Darurat Kesehatan

Selanjutnya, dikutip dari infopuplik.id pada Selasa (31/10/2023), Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan bahwa razia uji emisi tersebut dinilai sangat efektif untuk memperbaiki kualitas udara Jakarta.  Atas dasar itu razia uji emisi perlu untuk terus digalakkan. Diawali dengan pelaksanaan pada September lalu dan dilaksanakan kembali pada November, razia uji emisi akan berjalan dengan mekanisme yang sudah disempurnakan.

Pelaksanaan razia uji emisi itu akan dijalankan secara konsisten dan menyasar lebih banyak kendaraan bermotor yang tak lulus uji emisi. Kemudian juga diingatkan kepada seluruh warga yang bermobilitas di wilayah DKI Jakarta untuk segera melakukan uji emisi pada kendaraannya, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Untuk keperluan ini sudah dilakukan sosialisasi sejak jauh-jauh hari.

KUALITAS UDARA: Bekasi, Jawa Barat, 1 Oktober 2023, Peringatan Darurat Kesehatan

Tujuan utama dari uji emisi adalah untuk memastikan bahwa kendaraan tidak melebihi batas emisi yang ditetapkan oleh peraturan lingkungan. Uji emisi merupakan upaya penting dalam meningkatkan kualitas udara di Jakarta. Dengan pelaksanaan uji emisi ini, diharapkan dapat mengurangi tingkat polusi udara di Jakarta. Kendaraan yang tidak lulus uji emisi akan diberikan sanksi berupa tilang. Dengan demikian, masyarakat diharapkan dapat lebih peduli terhadap lingkungan dan melakukan perawatan rutin pada kendaraannya untuk memastikan bahwa mereka mematuhi standar emisi.

uji emisi

Photo :
  • IG/uji.emisi
KUALITAS UDARA: Tangerang Selatan, Banten, 1 Oktober 2023: Keadaan Darurat Sangat Tidak Sehat

Untuk diketahui, lokasi uji emisi telah tersedia di 342 bengkel bagi kendaraan roda empat dengan 950 teknisi dan 114 bengkel bagi kendaraan roda dua dengan 195 teknisi yang tersebar di berbagai wilayah Jakarta. Lokasi bengkel penyedia uji emisi dapat dilihat pada aplikasi e-Uji Emisi atau melalui aplikasi Jakarta Kini (JAKI) dengan mengetik “emisi” pada kolom pencarian.