LUMAJANG: Antisipasi Bencana, Pj. Bupati Lumajang Tinjau Pos Pantau Aliran Lahar Gunung Semeru

Pj. Bupati Lumajang Tinjau Pos Pantau Aliran Lahar Gunung Semeru
Sumber :
  • infopublik.id

Lumajang, WISATA – Letak geografis Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang dikelilingi perbukitan dan keberadaan tiga gunung yakni Gunung Semeru, Gunung Bromo dan Gunung Lemongan menyebabkan beberapa wilayah, rawan terjadinya bencana alam.

"Keadaan geografis di Lumajang dikelilingi oleh tiga gunung, yakni Gunung Semeru, Gunung Bromo dan Gunung Lemongan, sehingga kita harus bisa berdamai dengan bencana," ujar Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun) saat meninjau pos pantau lahar dingin Gunung Semeru, yang berada di Dusun Curah Kobokan, Desa Sumberwuluh (20/10/2023).

Yuyun menyatakan, antisipasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang salah satunya, adalah melakukan mitigasi risiko terjadinya bencana, dengan sistem peringatan dini atau early warning system dalam kebencanaan di pos pantau tersebut.

"Kita sudah melakukan antisipasi penanggulangan di beberapa titik untuk bisa melakukan mitigasi. Early warning system (EWS), setelah saya tadi melihat, masih bisa optimal kerjanya. Jadi, ini yang kita lakukan untuk bisa melihat situasi dan kondisi yang ada," katanya.

Yuyun menambahkan, pihaknya akan terus melakukan edukasi kepada masyarakat melalui simulasi, terutama untuk masyarakat yang paling dekat dengan aliran lahar Gunung Semeru.

"Kita tidak mengharapkan adanya bencana, tetapi apabila bencana terjadi, masyarakat sudah paham apa yang harus dilakukan dan instansi terkait telah bersiap, siaga menangani bencana," harapnya.

(Sumber: infopublik.id)

Gunung Semeru Erupsi Lagi, Pemerintah Himbau Masyarakat Menjauh Radius 5 Km