INFO HAJI: Jemaah Haji Gelombang Pertama Tiba di Madinah, Persiapan Gelombang Kedua Dimulai

Juru Bicara PPIH Pusat Akhmad Fauzin
Sumber :
  • https://kemenag.go.id/pers-rilis

WisataJakarta (Kemenag), Fase pemberangkatan jemaah haji dari Tanah Air menuju Tanah Suci dalam gelombang pertama telah berakhir. Berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), hingga tanggal 7 Juni 2023 pukul 24.00 WIB, jumlah jemaah dan petugas yang telah tiba di Kota Madinah mencapai 89.681 orang yang tergabung dalam 233 kelompok terbang.

INFO HAJI 2024: Jumat Ini, 6 Kloter Pertama Menuju Madinah untuk Kembali ke Tanah Air, Sabtu Esok

"Pemberangkatan gelombang kedua akan dimulai pada 8 hingga 22 Juni 2023. Jemaah haji gelombang kedua akan terbang dari embarkasi di Tanah Air menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah. Selanjutnya, mereka akan diberangkatkan ke Makkah Al-Mukarramah untuk menjalani Umrah Haji atau Umrah Wajib," kata Juru Bicara PPIH Pusat, Akhmad Fauzin, di Media Center Haji (MCH) Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Lebih lanjut, Fauzin mengungkapkan bahwa jumlah jemaah dan petugas yang telah diberangkatkan dari Madinah ke Makkah sebanyak 32.486 orang yang terdiri dari 85 kloter. Pada hari Rabu (07/06/2023), tercatat 3 orang jemaah meninggal dunia di Madinah, yaitu Laupe Baco Cido dari kloter UPG 04, Dimyati Mardin Khusnan dari kloter SUB 24, dan Mustafa Husnin Syatri dari kloter PLM 07. Sehingga, secara keseluruhan, jumlah jemaah haji yang meninggal dunia di Madinah mencapai 20 orang.

INFO HAJI 2024: Gimana Kalau Bertemu Jemaah yang Terpisah dari Rombongan di Masjidil Haram?

"Satu jemaah haji juga meninggal dunia di Makkah, yaitu Suyitno Wongso Niti dari kloter JKS 03. Jumlah jemaah haji yang meninggal dunia di Makkah hingga saat ini sebanyak 2 orang. Jumlah keseluruhan jemaah yang wafat hingga saat ini adalah 22 orang," ungkap Fauzin.

Dengan suhu di Madinah yang saat ini berkisar antara 28 hingga 42 derajat Celsius dan di Makkah yang mencapai 35 hingga 43 derajat Celsius, Fauzin mengingatkan agar jemaah, terutama jemaah lanjut usia, senantiasa menjaga kesehatan dan membatasi aktivitas yang membutuhkan banyak energi, seperti umrah sunnah yang dilakukan berulang kali.

INFO HAJI 2024: Sebanyak 98,52% Jemaah Gelombang Pertama Belum Pernah Berhaji

Fauzin juga mengimbau jemaah haji gelombang kedua untuk memakai baju ihram sejak dari embarkasi di Tanah Air guna menghindari penumpukan jemaah saat kedatangan di Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

"Untuk melaksanakan niat umrah, jemaah dapat melakukannya saat berada di pesawat ketika melewati wilayah Yalamlam atau ketika berada di Bandara King Abdul Aziz Jeddah menjelang keberangkatan menuju Makkah," tambahnya.