Tulisan Tangan Langka Steve Jobs Terjual Dengan Harga Fantastis

Steve Jobs
Sumber :
  • Getty Images

Jakarta, WISATA - Sebuah catatan tulisan tangan langka oleh Pendiri Apple, Steve Jobs, baru-baru ini mencuri perhatian dunia dengan penjualan yang mengagumkan, mencapai nilai sebanyak enam digit. Selembar kertas berisi draf iklan awal yang ditulis tangan oleh Jobs berhasil terjual dengan harga luar biasa, mencapai angka fantastis US$175.759 (sekitar Rp2,6 miliar). Angka ini jauh melampaui perkiraan awal, yang semula tidak sebegitu tinggi.

Kenaikan Harga iPhone di iBox Bikin Geger, Ini Daftar Harganya

Catatan tangan ini merupakan rancangan iklan pertama untuk Apple Computer-1 yang dibuat oleh Steve Jobs pada tahun 1976, dan menandatanganinya sebagai 'steven jobs'. Pada saat itu, perusahaan yang awalnya dikenal sebagai Apple Computer kemudian dikenal dengan nama Apple I atau Apple-1, seperti yang dikutip dari situs Metro pada Rabu, 30 Agustus 2023.

Meskipun isi dari catatan ini tergolong sederhana, yaitu berisi spesifikasi teknis komputer pertama dari Apple, namun tanda tangan Steve Jobs dalam cetakan huruf kecil memberikan nilai historis yang sangat tinggi. Dalam catatan ini, Jobs juga mencantumkan alamat rumah dan nomor telepon orangtuanya, yang pada saat itu juga berfungsi sebagai kantor pusat dari Perusahaan Komputer Apple yang baru berdiri.

Apple Siap Rilis 2 Perangkat Lipat, Khusus untuk Kalangan Super Kaya

Sejarawan Apple, Corey Cohen, mengungkapkan bahwa spesifikasi teknis yang tercantum dalam rancangan iklan tulisan tangan ini sangat cocok dengan iklan asli Apple-1 yang pertama kali diterbitkan dalam Majalah Interface edisi Juli 1976. Hal ini menjadikan catatan ini sebagai bagian bersejarah dari perkembangan Apple yang sekarang memiliki valuasi mencapai US$2,79 triliun.

Dalam edisi yang sama dari majalah tersebut, iklan ini disertai dengan artikel yang memberikan ikhtisar produk, dengan kutipan dari Mr. Jobs sebagai Direktur Pemasaran dan Stephen Wozniak sebagai Direktur Teknik Apple. Ledakan pemasaran pertama ini memberikan Apple pendanaan yang diperlukan untuk berevolusi dari status "dua orang di garasi" menjadi dua tokoh teknologi yang paling berpengaruh dalam sejarah.

Jangan Minder dan Putus Asa saat Dirimu Gagal, 5 Tokoh Ini Pernah Mengalami, Tapi Bisa Bangkit

Penjualan catatan tulisan tangan Steve Jobs ini adalah bukti nyata dari sejarah luar biasa perusahaan teknologi ini. Dengan penjualan yang memecahkan rekor ini, kembali diingatkan akan peran penting Steve Jobs dalam perjalanan sukses Apple hingga saat ini.

Top of Form

Halaman Selanjutnya
img_title