HUT ke-78 RI : Serba-serbi Upacara dan Perayaan 17-an di Luar Negeri yang Unik dan Menarik (2)

Pembina upacara di Lima, Peru
Sumber :
  • IG/indonesiainlima

WISATA – Perayaan HUT ke-78 RI di luar negeri ternyata tidak kalah unik dan menarik untuk disimak. Di beberapa negara di luar negeri yang terbatas warga Indonesia-nya tetap melakukan peringatan 17-an dengan berbagai kegiatan.

Begini Konsep Kebudayaan Menurut Pandangan Socrates dan Aristoteles

Dilansir dari sosial media KBRI di luar negeri, berikut ini adalah semarak kegiatan warga negara Indonesia dalam merayakan pesta kemerdekaan ke-78 RI :

  • Lima, Peru - Meskipun berada jauh dari tanah air, semangat peringatan HUT ke-78 RI tetap membakar hati masyarakat Indonesia di Lima, Peru. Upacara peringatan digelar dengan khidmat di halaman kantor KBRI Lima. Upacara ini dipimpin oleh Kepala Perwakilan Republik Indonesia untuk Peru dan Bolivia. Dan lebih dari 50 orang hadir dalam upacara ini, termasuk staf KBRI Lima, anggota Dharma Wanita Persatuan, rohaniwan, suster, diaspora Indonesia, serta Friends of Indonesia, termasuk pengajar dan alumnus kelas Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing dan jurnalis. Kemudian dilanjutkan dengan syukuran potong tumpeng yang dilakukan oleh Kepala Perwakilan RI Lima, dan juga disajikan berbagai kue tradisional serta hidangan nasi kuning beserta lauk khas Indonesia dalam acara santap siang bersama hadirin.

Penyerahan bendera merah putih

Photo :
  • IG/indonesiainlima
  • Ankara, Turki - Suasana keberagaman dan semangat kemerdekaan menghiasi peringatan HUT ke-78 RI di KBRI Ankara. Peserta upacara mengenakan baju daerah dan nasional. Upacara disemarakkan dengan tim aubade yang menghadirkan lagu-lagu nasional dan medley lagu-lagu daerah.  Yang cukup menarik adalah Korps Musik Elit Kepolisian Nasional Turki, Polis Bondusu, juga turut berpartisipasi dengan memainkan lagu-lagu Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta, dan Andhika Bayangkari.
Selamat Hari Pahlawan, Ini Pesan Perjuangan 17 Pahlawan Nasional

Selain upacara bendera, masyarakat Indonesia dan diaspora di Turki juga menikmati ‘Pesta Rakyat’ yang menyajikan penampilan artis ibukota, kuis berhadiah tiket pesawat PP Turki - Indonesia, dan bazar kuliner khas Nusantara. Acara ini diikuti oleh lebih dari 1000 WNI dan diaspora Indonesia yang memadati lokasi.

 

Halaman Selanjutnya
img_title
HUT ke-78 RI : Dita Karang dan Choi Siwon Bersinar di Acara Diplomatik Indonesia-Korea