DPKH Kabupaten Brebes Kembali Raih Penghargaan Melalui Inovasi "Ndoro Kojo"

Drh. Ismu Subroto Saat Menerima Penghargaan
Sumber :
  • DPKH Brebes/Handoko

Brebes, WISATA - Kabar baik datang dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes. Melalui program unggulan "Ndoro Kojo" Desa Rodjo Kojo (dalam bahasa Jawa berarti Deso Rojo Koyo) bekerjasama dengan Telkomsel, DPKH berhasil meraih penghargaan dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) untuk mewujudkan Smart Village Berbasis Pembibitan Ternak. Inovasi yang revolusioner ini memberikan dampak positif bagi sektor peternakan di wilayah Kabupaten Brebes.

DPKH Kabupaten Brebes Dukung Wisata Kuliner Halal Melalui Program Sertifikasi Halal Nasional

"Ndoro Kojo" merupakan sebuah aplikasi canggih yang dirancang untuk membantu penghitungan populasi ternak, terutama untuk komoditas ternak domba. Saat ini, aplikasi ini tengah difokuskan pada wilayah sentra pembibitan domba di Desa Pandansari dan Wanareja. Melalui aplikasi ini, peternak dapat dengan mudah mengakses informasi mengenai populasi dan struktur populasi ternak domba, jumlah peternak, dan lokasi kandang. Hal ini membantu efisiensi dalam mengelola ternak dan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan industri peternakan di daerah tersebut.

 

Sertifikasi Kompetensi Profesi “Juleha” Menjadi Gerbang Pangan Halal di Kabupaten Brebes

Bersama Penerima Penghargaan Lainnya

Photo :
  • DPKH Brebes/Handoko

Penghargaan yang diraih oleh DPKH Kabupaten Brebes bukanlah yang pertama kalinya. Sebelumnya, DPKH juga telah berhasil meraih berbagai penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Brebes. Di tahun 2020, inovasi "Budaya Kerja SAKTI" yang diampu oleh Bagian Sekretariat meraih apresiasi. Kemudian, inovasi "SiMaster" di tahun 2021 yang diampu oleh Bidang Sarpras dan Usaha Peternakan, serta inovasi "Sanak Sekadang" di tahun 2022 yang diampu oleh Bidang Keswan juga turut meraih apresiasi.

Yuk Bisa Yuk,… Bikin Hobi Jadi Cuan, Sukses Menghasilkan Uang dari Beternak Sapi

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes, Dr. Hewan Ismu Subroto, menyatakan bahwa kesuksesan ini tak lepas dari komitmen dan kerja keras seluruh karyawan DPKH. Ia berharap inovasi yang dilakukan dapat membawa manfaat dan kemajuan bagi masyarakat peternakan di Kabupaten Brebes. Selain itu, ia juga berharap bahwa inovasi "Ndoro Kojo" ini dapat menjadi kado spesial bagi masyarakat peternakan di Kabupaten Brebes menjelang peringatan Hari Kemerdekaan.

 

Halaman Selanjutnya
img_title