Peringati Hari Ozon Sedunia, Balai Pengendalian Perubahan Iklim Wilayah Sulawesi Gelar Kampanye

Peringatan Hari Ozon
Sumber :
  • Balai PPI Wilayah Sulawesi

Makassar, WISATAHari Ozon Sedunia diperingati tanggal 16 September setiap tahunnya. Peringatan Hari Ozon bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat pada lapisan ozon sebagai pelindung bumi.  Lapisan ozon adalah wilayah stratosfer bumi yang menyerap sebagian besar radiasi ultraviolet matahari. Fungsi lapisan ozon melindungi permukaan bumi dari bahaya radiasi ultraviolet matahari. 

JAKARTA: Festival Urban Farming 2024 di TIM Hingga Kamis, 18 September 2024, Yuk Nonton...

Balai Pengendalian Perubahan Iklim (BPPI) Wilayah Sulawesi dalam rangka Hari Ozon Sedunia menggelar kampanye terbuka pada hari Minggu, 15 September 2024 di pelataran GOR Sudiang, Makassar. Acara dimulai pukul 06.00 hingga 10.00 Wita.

Kampanye Balai PPI Wilayah Sulawesi

Photo :
  • Wisata Viva/Indah Novita Dewi
BANYUWANGI: Usaha Anyaman Atap Ilalang Menggeliat Karena Terdampak Pariwisata

Acara yang dihadiri oleh instansi pemerintah dari Kementerian LHK, unsur Dharma Wanita, Asosiasi Teknisi AC dan pelajar  serta masyarakat umum ini diawali dengan senam bersama. Di pertengahan senam, Kepala BPPI Wilayah Sulawesi dan stafnya mulai menyampaikan kampanye Hari Ozon di atas panggung. 

Selain kampanye, BPPI Wilayah Sulawesi juga melakukan penanaman pohon dan pembagian bibit pohon gratis. Masyarakat umum yang turut serta berolahraga sangat antusias karena mereka juga mendapat kesempatan memperoleh bibit gratis, merchandize, dan juga memperoleh nomor undian doorprize.

Lee Jong-Suk Bersatu Kembali dengan PD ‘W: Two Worlds’ dalam Drama Baru ‘Seocho-dong’

Balai PPI Wilayah Sulawesi sebagai penyelenggara acara menyediakan stand-stand bagi masyarakat umum untuk berkonsultasi tentang pemeliharaan AC. Seperti diketahui bahwa zat CFC atau Chlorofluorocarbon adalah senyawa yang digunakan untuk membuat suhu dingin pada alat pendingin yang memiliki dampak buruk bagi lingkungan. Masyarakat diarahkan untuk membeli AC yang Non-CFC agar pemakaian AC senantiasa ramah lingkungan.

Selain rangkaian acara kampanye, di sudut lain pelataran GOR juga diselenggarakan lomba mewarnai untuk anak PAUD dan TK dengan tema Hari Ozon. Sembari menunggu anak-anak menyelesaikan lomba mewarnai, panitia acara kampanye mulai membacakan nama-nama pemenang undian doorprize. Selain mendapatkan hadiah melalui undian, masyarakat juga berkesempatan membawa pulang hadiah dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang Ozon dan iklim yang diajukan oleh panitia.

Halaman Selanjutnya
img_title