Jepang Tingkatkan Kedaulatan AI dengan Superkomputer ABCI 3.0 Terbaru

Jepang Tingkatkan Kedaulatan AI
Sumber :
  • Nvidia

Tokyo, WISATA – National Institute of Advanced Industrial Science and Technology (AIST) Jepang akan mengintegrasikan ribuan GPU NVIDIA H200 Tensor Core ke dalam superkomputer AI Bridging Cloud Infrastructure 3.0 (ABCI 3.0). Sistem HPE Cray XD ini akan dilengkapi dengan jaringan NVIDIA Quantum-2 InfiniBand untuk kinerja dan skalabilitas yang superior.

Inilah Rahasia Sukses Israel dalam Membangun Ekosistem Keamanan Siber Global

ABCI 3.0 adalah iterasi terbaru dari Open AI Computing Infrastructure berskala besar Jepang yang dirancang untuk memajukan R&D AI. Kolaborasi ini menunjukkan komitmen Jepang dalam meningkatkan kemampuan AI-nya dan memperkuat kemandirian teknologinya.

"Pada Agustus 2018, kami meluncurkan ABCI, infrastruktur komputasi AI terbuka berskala besar pertama di dunia," kata Yoshio Tanaka, Executive Officer AIST. "Berdasarkan pengalaman kami selama beberapa tahun terakhir mengelola ABCI, kami sekarang meningkatkan ke ABCI 3.0. Bekerja sama dengan NVIDIA dan HPE, kami bertujuan mengembangkan ABCI 3.0 menjadi infrastruktur komputasi yang akan memajukan kemampuan penelitian dan pengembangan lebih lanjut untuk AI generatif di Jepang."

Israel: Dari Startup ke Superpower Cybersecurity Global

"Ketika AI generatif siap untuk mengkatalisasi perubahan global, sangat penting untuk cepat mengembangkan kemampuan R&D di Jepang," tambah Hirotaka Ogawa, Produser AIST Solutions Co. dan Kepala Operasi ABCI. "Saya yakin peningkatan besar ABCI ini dalam kolaborasi kami dengan NVIDIA dan HPE akan meningkatkan kepemimpinan ABCI di industri domestik dan akademisi, mendorong Jepang menuju daya saing global dalam pengembangan AI dan menjadi landasan untuk inovasi masa depan."

Superkomputer ABCI 3.0 akan ditempatkan di Kashiwa di fasilitas yang dikelola oleh AIST Jepang.

Algoritma Pembelajaran Mesin Mengubah Robot: Apa yang Dapat Dilakukan Mesin Cerdas Ini?

ABCI 3.0: Era Baru untuk Penelitian dan Pengembangan AI Jepang

ABCI 3.0 dibangun dan dioperasikan oleh AIST, bersama anak perusahaan bisnisnya, AIST Solutions, dan integrator sistemnya, Hewlett Packard Enterprise (HPE).

Halaman Selanjutnya
img_title