Pemulihan Layanan PDNS 2: Langkah Penting Menuju Transformasi Digital yang Lebih Aman

Wamen Kominfo Nezar Patria
Sumber :
  • Komimfo.go.id

Jakarta, WISATA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), bersama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Telkom Sigma, dan beberapa kementerian serta lembaga terkait, terus berupaya memulihkan layanan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 yang terdampak serangan Ransomware Brain Cipher.

Upaya Pemulihan Sistem Layanan Pasca Serangan Siber PDNS 2

Wakil Menteri Kominfo, Nezar Patria, menekankan bahwa insiden ini merupakan pelajaran penting untuk memperkuat transformasi digital yang lebih aman di masa mendatang. "Kita jangan kalah atau mundur hanya gara-gara insiden ini. Tentu saja kita harus belajar banyak dan membuat sistem yang menutup semua kemungkinan kejadian serupa terulang lagi," tandasnya usai membuka Pameran Ilustrasiana Kompas Gramedia di Bentara Budaya Jakarta, Selasa (25/5/2024) malam.

Langkah-langkah Mitigasi dan Pemulihan

Klarifikasi BHP ISR Satelit, Dirjen SDPPI Kominfo Tegaskan Regulasi Berdasarkan PP No. 43 Tahun 2023

Wamen Nezar Patria menyatakan bahwa Kementerian Kominfo akan mengambil langkah-langkah mitigasi untuk menghadapi berbagai kemungkinan buruk di dunia siber di masa depan. “Kita tidak bisa begitu saja ditakut-takuti. Kita akan melakukan mitigasi, penyelidikan, dan tindakan-tindakan yang diperlukan," tegasnya.

Menurut Wamenkominfo, Indonesia sudah memiliki beberapa pedoman terkait keamanan siber. Namun, upaya peretasan akan terus terjadi. "Pedoman-pedoman ini sudah dibuat, tetapi upaya untuk meretas, menciptakan virus, dan mengganggu akan terus ada. BSSN juga sudah mengeluarkan standar-standar untuk keamanan ini," tuturnya.

Pemerintah Fokus Pulihkan Layanan PDNS 2 yang Terdampak Serangan Siber

Wamen Nezar Patria menilai bahwa serangan siber merupakan salah satu kategori risiko global. Bahkan, World Economic Forum menyebutkan bahwa keamanan siber adalah salah satu dari 5 Top Global Risks. Oleh karena itu, setiap negara akan memperhatikan aspek keamanan di dunia siber.

"Dengan kemajuan teknologi dan internet yang semakin terkoneksi, isu tentang keamanan siber menjadi sangat penting. Semua negara di dunia mengadopsi protokol-protokol penting untuk menjaga keamanan data mereka," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title