Upaya Pemulihan Sistem Layanan Pasca Serangan Siber PDNS 2

PDN Mulai Pulih Satu per Satu
Sumber :
  • Komimfo.go.id

Jakarta, WISATA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Telkom Sigma, serta beberapa kementerian/lembaga pengguna Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 sedang berangsur memulihkan sistem layanan yang terdampak oleh serangan siber.

Klarifikasi BHP ISR Satelit, Dirjen SDPPI Kominfo Tegaskan Regulasi Berdasarkan PP No. 43 Tahun 2023

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel A. Pangerapan, menyatakan bahwa proses pemulihan jangka pendek dilakukan dengan mengembalikan layanan di Disaster Recovery Center (DRC) Sementara menggunakan data cadangan dari PDNS 1 dan PDNS 2.

"Hingga hari ini, terdapat tiga layanan yang sudah berangsur pulih yaitu layanan keimigrasian, layanan perizinan event Kemenkomarves, dan layanan LKPP," jelas Semuel di Jakarta Pusat, Selasa (25/06/2024).

Pemerintah Fokus Pulihkan Layanan PDNS 2 yang Terdampak Serangan Siber

Proses Pemulihan Layanan

Menurut Dirjen Semuel, saat ini upaya terus dilakukan untuk memulihkan 282 tenant PDNS 2. Direktur Network & IT Solution PT Telkom Indonesia Tbk, Herlan Wijanarko, menjelaskan bahwa layanan PDNS didukung oleh dua pusat data yang berada di Tangerang dan Surabaya, serta satu DRC yang bersifat cold backup di Batam.

Belajar dari Kasus PDN, Inilah yang Mendesak Harus Segera Dilakukan oleh Pemerintah Indonesia

"Setelah terjadi gangguan di PDNS 2 Surabaya akibat serangan Ransomware Brain Cipher, terdapat 282 tenant yang terdampak. Proses pemulihan jangka pendek dilakukan dengan mengembalikan layanan di DRC Sementara di Tangerang menggunakan data cadangan yang tersedia," jelasnya.

Dalam jangka menengah, Telkom Sigma dan Lintas Arta akan segera melakukan pemulihan PDNS 2 secepatnya bersamaan dengan proses forensik yang terus berjalan. "Untuk jangka panjang akan dilakukan normalisasi arsitektur keseluruhan setelah PDNS 2 kembali berfungsi," ungkap Herlan.

Halaman Selanjutnya
img_title