INFO HAJI 2024: Menag Cek Kesiapan Armuzna, Sebelum Pelaksanaan Puncak Haji 1454H/2024M

Menteri Yaqut Mengecek Kesiapan di Tenda Arofah
Sumber :
  • kemenag.go.id

Makkah, WISATA – Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas mengecek persiapan layanan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

Pengecekan dilakukan tiga hari sebelum kedatangan jemaah di Arafah, untuk memastikan layanan yang disiapkan apakah sudah sesuai dengan kontrak antara pemerintah dengan Masyariq sebagai penyedia.

Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan 1 Zulhijah 1445 H bertepatan dengan 7 Juni 2024, karenanya wukuf di Arafah akan berlangsung pada tanggal 15 Juni 2024.

Jemaah haji Indonesia secara bertahap akan diberangkatkan dari hotel di Makkah menuju Arafah pada tanggal 14 Juni 2024.

INFO HAJI 2024: Jumat Ini, 6 Kloter Pertama Menuju Madinah untuk Kembali ke Tanah Air, Sabtu Esok

Menteri Yaqut Mengecek Kesiapan Fasilitas Air Bersih

Photo :
  • kemenag.go.id
“Saya sudah melakukan pengecekan. Banyak perubahan yang sudah dilakukan oleh pihak Masyariq. Kini kita tinggal tawakal, menyerahkan pada kebesaran Allah, semoga layanan di Armuzna berjalan dengan baik dan lancar,” harap Gus Men, panggilan akrabnya, di Arafah, Selasa (11/6/2024).

Hampir dua jam di Arafah, Menag Yaqut melakukan pengecekan secara mendetail beragam fasilitas yang ada.

Pengecekan dilakukan untuk memastikan toilet berfungsi dengan baik, termasuk air, pendingin udara berjalan normal, dapur berikut ketersediaan kayu bakarnya, storage dan bahan baku makanannya, serta tenda dengan conblock beserta karpet dan kasurnya.

“Semua kita cek. Ada tambahan MCK yang diberikan masyarik sesuai pemintaan kita. Toile-toilet baru dibangun. Insyaallah lebih bagus dari sebelumnya, lebih luas, space lebih besar,” ujar Gus Men.

“Ini bagian dari ikhtiar kita semua memberikan kepuasan kepada jemaah dan membantu kekhusyukan jemaah dalam beribadah haji,” sambungnya.

Menag menilai, layanan yang disiapkan Masyariq sudah sesuai kontrak.
Halaman Selanjutnya
img_title