PURWOKERTO: 10.000 Penari Catatkan Rekor MURI Lewat "Banyumas 10.000 Lengger Bicara"

Banyumas 10.000 Lengger Bicara Masuk Rekor Muri
Sumber :
  • dindik.banyumaskab.go.id

Banyumas, WISATA – Ribuan pelajar, mahasiswa, aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat umum dari berbagai kelompok usia, tumpah ruah di GOR Satria Purwokerto, pada hari Sabtu (22/06/2024) dalam acara yang bertajuk “Banyumas 10.000 Lengger Bicara”.

Kegiatan tari lengger kolosal yang pertama kali diselenggarakan di Banyumas ini, mendapat sambutan meriah dari berbagai pihak termasuk ribuan penonton yang memadati seluruh tribun GOR Satria.

Acara yang digagas oleh toko Lengger Lanang Riyanto dari Yayasan Rumah Lengger Banyumas ini, juga diikuti oleh Maestro Tari Indonesia "Didik Nini Towok", Pj Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro, Ketua DPRD Kabupaten Banyumas, dr. Budhi Setiawan, Komandan Kodim 0701 Banyumas Letkol Arm. Ida Bagus Adi Purnama, para pimpinan Forkompimda hingga Andy F. Noya.

“Jadi tujuannya masyarakat mengenal lengger, kemudian mau menjadi lengger, sehingga lengger di Banyumas tetap lestari, saat ini lengger semakin berkurang," ujar Riyanto.

Pj Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro mengatakan, acara semacam ini akan menjadi ajang tahunan guna menarik animo masyarakat dan wisatawan, tidak hanya dari Banyumas, namun secara lebih luas.

“Kita akan laksanakan setiap tahun sebagai event budaya, sekaligus jadi daya tarik wisata. Selain melestarikan budaya Banyumas, event ini juga menjadi daya tarik wisata,” ungkap Hanung.

“Alhamdulillah, kegiatan Banyumas 10.000 Lengger Bicara bisa diselengarakan bersama seluruh lapisan masyarakat," imbuhnya.

Antusiasme masyarakat yang begitu tinggi, membuat panitia mempercepat batas penutupan registrasi pendaftaran untuk peserta.

“Kami terpaksa harus melewatkan event ini karena pendaftaran sudah ditutup,” ujar salah seorang anggota Dharma Wanita dari Kecamatan Rawalo.

Kesempatan langka ini juga banyak dimanfaatkan banyak orang untuk menjadi penari ‘lengger’ dadakan, seperti yang dilakukan oleh pegiat seni Panji Laksono dari Dinas Pendidikan.

“Sekali-kali dadi lengger,” ujarnya.

“Luar biasa sekali! Sore ini berhasil memecahkan rekor Muri, Banyumas 10.000 Lengger Bicara di GOR Satria Purwokerto. Bersama dengan Mas Rianto, Sang Maestro Lengger Lanang Banyumas dan juga dihadiri Mas Didik Nini Thowok. Saya sangat bangga dengan kegiatan ini dan semoga masyarakat Banyumas bisa terus nguri-uri budaya Banyumasan. Salam budaya,” ucap Hanung

(Sumber: dindik.banyumaskab.go.id)