Kebenaran Menurut Socrates: Apakah Kebenaran Absolut Itu Ada?, Ini Penjelasannya

Socrates
Sumber :
  • wallpapercave.com

Malang, WISATA - Socrates, salah satu filsuf terbesar dalam sejarah filsafat Barat, dikenal dengan ajarannya yang mendalam tentang kebenaran, kebajikan, dan keadilan. Pemikirannya yang kritis dan dialektis telah membentuk fondasi filsafat Barat, dan hingga kini masih menjadi topik perdebatan yang hidup di kalangan filsuf dan akademisi. Salah satu pertanyaan mendasar yang diangkat oleh Socrates adalah apakah kebenaran absolut itu ada? Pertanyaan ini bukan sekadar wacana intelektual, tetapi juga merupakan inti dari pencarian Socrates terhadap makna hidup, moralitas, dan pengetahuan.

Dialog Socratic: Jalan Menuju Kebenaran

Pendekatan Socrates dalam mencari kebenaran sering kali dilakukan melalui dialog—metode yang kini dikenal sebagai metode dialektik atau dialog Socratic. Dalam dialog-dialog ini, Socrates tidak memberi jawaban langsung kepada lawan bicaranya. Sebaliknya, ia mengajukan serangkaian pertanyaan untuk memancing pemikiran kritis dan refleksi diri. Metode ini dikenal sebagai elenchus, atau pengujian ide melalui pertanyaan yang berulang-ulang.

Bagi Socrates, kebenaran bukanlah sesuatu yang dapat diperoleh dengan mudah melalui persepsi indrawi atau asumsi umum. Kebenaran adalah sesuatu yang lebih dalam dan harus dicapai melalui refleksi intelektual yang mendalam. Menurutnya, hanya dengan menyelidiki keyakinan-keyakinan kita dan menguji argumen-argumen secara kritis, kita dapat mendekati kebenaran yang sesungguhnya. Namun, apakah kebenaran ini bersifat absolut atau relatif, menjadi perdebatan yang berlangsung hingga kini.

Kebenaran Absolut vs. Relativisme

Socrates sering dikontraskan dengan kaum Sofis, kelompok intelektual yang dominan pada masanya. Kaum Sofis dikenal dengan pandangan mereka yang cenderung relativistik—bahwa kebenaran bersifat subjektif dan tergantung pada individu atau konteks sosial tertentu. Sebaliknya, Socrates meyakini bahwa kebenaran adalah universal dan tidak terpengaruh oleh pandangan atau keyakinan pribadi. Bagi Socrates, ada sesuatu yang lebih dari sekadar persepsi subjektif; ada prinsip-prinsip moral yang tidak berubah dan dapat diakses melalui akal budi.

Dalam dialog "Meno", misalnya, Socrates mencoba menunjukkan bahwa ada pengetahuan yang bersifat bawaan dalam diri manusia, sesuatu yang tidak dapat diperoleh melalui pengalaman indrawi semata. Dia menggunakan contoh geometri untuk menunjukkan bahwa konsep-konsep seperti kebenaran dan keadilan memiliki eksistensi yang lebih tinggi dan independen dari pengalaman kita.

Namun, meskipun Socrates percaya pada kebenaran absolut, ia juga menyadari keterbatasan manusia dalam mencapainya. Salah satu kutipan terkenal Socrates, "Saya tahu bahwa saya tidak tahu," menunjukkan bahwa ia memahami bahwa pencarian kebenaran adalah proses yang tak pernah berakhir. Dalam pandangannya, manusia harus terus berusaha untuk menemukan kebenaran meskipun mungkin tidak akan pernah mencapainya sepenuhnya.

Kebenaran dan Moralitas

Bagi Socrates, pencarian kebenaran juga berkaitan erat dengan moralitas. Ia percaya bahwa pengetahuan tentang kebenaran akan menghasilkan tindakan yang benar. Socrates tidak memisahkan pengetahuan dari kebajikan; ia meyakini bahwa orang yang benar-benar mengetahui apa yang baik akan bertindak sesuai dengan pengetahuan itu. Oleh karena itu, baginya, kebajikan adalah pengetahuan, dan kebodohan adalah kejahatan.

Pandangan ini mencerminkan keyakinan Socrates bahwa manusia memiliki potensi untuk menjadi baik asalkan mereka memahami apa itu kebaikan. Dalam dialog "Apologia", yang ditulis oleh muridnya, Plato, Socrates mengatakan bahwa tugasnya sebagai filsuf adalah untuk memimpin orang lain menuju pemahaman yang lebih dalam tentang kebaikan dan kebenaran.

Tantangan terhadap Kebenaran Absolut

Namun, meskipun Socrates menawarkan pandangan optimis tentang kemampuan manusia untuk menemukan kebenaran, gagasan tentang kebenaran absolut tetap menjadi topik perdebatan yang kompleks. Filsuf-filsuf setelah Socrates, seperti Nietzsche dan Foucault, menantang gagasan bahwa kebenaran adalah sesuatu yang universal dan tidak berubah. Mereka mengajukan bahwa kebenaran sering kali dibentuk oleh kekuasaan, budaya, dan konteks historis.

Pandangan relativistik ini mencerminkan skeptisisme terhadap klaim kebenaran yang bersifat absolut. Mereka berargumen bahwa apa yang dianggap sebagai kebenaran pada suatu waktu dan tempat mungkin berbeda di tempat lain. Bahkan, dalam masyarakat modern, kita sering kali melihat bagaimana pandangan tentang kebenaran dan moralitas berubah seiring dengan perkembangan sosial, politik, dan teknologi.

Apakah Kebenaran Absolut Itu Ada?

Jadi, apakah kebenaran absolut itu ada? Bagi Socrates, jawabannya adalah ya, meskipun manusia mungkin tidak akan pernah sepenuhnya mencapainya. Bagi kaum Sofis dan banyak filsuf modern, kebenaran lebih bersifat relatif dan tergantung pada perspektif individu atau konteks sosial.

Meskipun begitu, warisan Socrates dalam filsafat tetap abadi. Metode dialektikanya mengajarkan kita untuk tidak pernah berhenti mencari kebenaran, untuk selalu mempertanyakan keyakinan kita, dan untuk tetap terbuka terhadap kemungkinan bahwa kita mungkin salah. Kebenaran, menurut Socrates, bukanlah sesuatu yang bisa kita pegang dengan pasti, tetapi sesuatu yang harus kita kejar tanpa henti.

Pencarian kebenaran adalah proses yang tak pernah selesai, dan itulah yang membuat filsafat Socratic begitu relevan hingga kini. Dalam dunia yang sering kali dipenuhi dengan informasi yang bertentangan dan pandangan yang beragam, ajaran Socrates mengingatkan kita untuk selalu mencari pengetahuan yang lebih dalam dan lebih bermakna.