Apa Itu Overthinking? Simak Penjelasan, Penyebab, dan Solusinya

Overthinking Sangat Mempengaruhi Kesehatan Mental
Sumber :
  • Isnaen Adi Kurniadi

Jakarta, WISATAOverthinking sangat mempengaruhi kesehatan mental kita. Overthinking adalah istilah yang sering ditujukan kepada orang-orang yang terlalu berlebihan dalam berpikir. Tetapi, jangan  menyamakannya dengan seorang pemikir, karena orang yang bersikap overthinking  sering kali memikirkan hal-hal sepele secara berlebihan. Hal ini tentu sangat mempengaruhi kesehatan mental kita.

 

Salah satu contoh keadaan yang seringkali terjadi, dilansir dari chanel youtube satu persen, misalnya saat bangun pagi , ternyata kamu kesiangan, dan kamu harus buru-buru untuk pergi ke tempat kerja karena ada meeting pagi ini. Di saat bersamaan, kamu menyesal karena tidur terlalu larut yang membuat kamu kesiangan dan kamu khawatir kamu akan dimarahi oleh atasanmu.

 

Saat bekerja, pikiranmu melayang ingin makan ini dan itu. Namun, saat kamu  sedang makan, pikiranmu hanya tertuju pada pekerjaan kantormu. Sadarkah? Bahwa sejatinya manusia tidak benar-benar hidup pada saat ini dan detik ini. Kebanyakan manusia  hidup dengan penyesalan masa lalu dan kekhawatiran akan masa depan .

 

Padahal, momen yang paling penting dalam hidup adalah saat ini, masa lalu hanyalah kumpulan momen saat ini yang telah berlalu, dan masa depan merupakan kumpulan momen saat ini yang menunggu untuk hadir dalam hidup.