HUT Jakarta: Asal Usul Nama Tempat di Jakarta "Jakarte Punye Cerite" (Bagian 1)

Pemukiman penduduk di Menteng sekitar tahun 1971
Sumber :
  • Oleh Tropenmuseum, part of the National Museum of World Cultures, CC BY-SA 3.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=8572307

Jakarta, WISATA -  Jika Anda berjalan-jalan di ibu kota Jakarta, ada banyak tempat di DKI Jakarta yang memiliki sejarah nama yang menarik untuk dikulik.

Ada yang berasal dari nama buah, tanaman, nama orang atau dari sebuah peristiwa yang pernah terjadi di tempat itu.

Mau tahu? Yuk ikuti  "Jakarte Punye Cerite". Kali ini, tentang asal usul nama tempat di DKI Jakarta yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Sunda Kelapa.                                                 

Sunda Kelapa merupakan sebutan sebuah pelabuhan di Teluk Jakarta. Nama Kelapa diambil dari berita yang terdapat dalam tulisan perjalanan Tome Pires, seorang penulis dan bendahara berkebangsaan Portugis, yang berjudul Suma Oriental (1511). Buku tersebut memberikan banyak informasi berharga mengenai keadaan Nusantara pada abad ke-16. Dalam buku itu disebutkan bahwa nama pelabuhan itu adalah Kelapa, karena banyak pohon kelapa yang tumbuh di tempat tersebut. Karena wilayah pelabuhan Kelapa - pada waktu itu - berada di bawah kekuasaan kerajaan Sunda, maka kemudian pelabuhan ini disebut Sunda Kelapa.

2. Menteng.

Kawasan Menteng di Jakarta Pusat, pada jaman dahulu kala merupakan hutan yang banyak ditumbuhi pohon buah-buahan. Karena banyaknya pohon buah Menteng yang tumbuh di sana, maka orang-orang menyebut tempat tersebut Kampung Menteng. Kampung Menteng ini kemudian dibeli oleh pemerintah Hinda Belanda dan dibangun perumahan vila pertama di Batavia (Jakarta). Perancangnya adalah tim arsitek dari Belanda yang dipimpin oleh P.A.J. Mooijen. Kawasan perumahannya disebut Menteng.