Kereen King’s College London Sekarang Buka di KEK Singhasari Malang

Airlangga pada Peresmian Pendirian Kampus Cabang King’s College
Sumber :
  • Kemenko perekonomian

Malang, WISATA - Sebagai salah satu pilar utama dalam upaya menyambut puncak bonus demografi dan mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) terus didorong oleh Pemerintah, termasuk melalui peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia dengan memanfaatkan fasilitas dalam penyelenggaraan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Pada Kamis (20/06), bertempat di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Pemerintah menyerahkan Izin Pendirian Kampus Cabang King’s College London (KCL) di KEK Singhasari. KEK Singhasari sendiri merupakan KEK pertama yang ditetapkan untuk mengembangkan sektor ekonomi digital dan pendidikan.

Izin pendirian kampus cabang KCL di KEK Singhasari ini disahkan melalui Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 238/E/O Tahun 2024, yang diberikan kepada Yayasan King Singhasari Indonesia.

“Ini menjadi sejarah baru bagi pendidikan di Indonesia karena hadirnya perguruan tinggi dari Inggris yang masuk dalam top 100 atau nomor 40 terbaik di dunia. Kehadiran kampus ini di Malang diharapkan dapat mendorong klaster pendidikan SDM di Malang menjadi klaster unggul. KEK Singhasari diharapkan menjadi penghubung kolaborasi universitas besar dunia dan sinergi ini diperlukan untuk mempersiapkan SDM kita menghadapi the future of works,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Dewan Nasional KEK dalam acara tersebut.

Penyediaan Pendidikan Berkualitas oleh King’s College London

KCL akan mengambil peran penuh dalam penyelenggaraan program master degree, mulai dari pelaksanaan kurikulum hingga tenaga pengajar. Tahap awal pendidikan akan difokuskan pada ekonomi digital melalui Program MSc Digital Economies yang akan dimulai pada September 2024, diikuti dengan Program MSc Digital Futures pada Januari 2025.

Penyelenggaraan Place-Based Trans-National Education (TNE) oleh KCL merupakan yang pertama kali ditawarkan di Indonesia. Setengah dari fakultas KCL di kampus London terlibat dalam pendirian TNE di Indonesia, menunjukkan komitmen KCL dalam penyelenggaraan kampus di Indonesia.