Wisata Rammang-Rammang, Destinasi Alami Nan Indah Surga Dunia di Kabupaten Maros

Wisata Rammang-Rammang yang Indah
Sumber :
  • https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/rammangrammang

Maros, WISATA – Destinasi wisata Rammang-Rammang adalah sebuah destinasi wisata alam di sebuah desa bernama Desa Salanrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi selatan. Menuju ke desa ini hanya membutuhkan waktu tempuh 30 menit dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dan 5 menit dari stasiun kereta api.

Wisata Sumber Sira: Satu Lagi Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Malang

Destinasi wisata Rammang-Rammang konon merupakan salah satu dari 3 wisata alam karst tercantik dan terpanjang di dunia selain Cina dan Vietnam, dan merupakan wisata berkelanjutan dan berfokus pada kesejahteraan masyarakat lokal.

Seiring perkembangannya setelah bangkit dari pandemi Covid-19 desa wisata Rammang-Rammang mampu mendapatkan perputaran ekonomi lebih dari 1,3 milyar dalam setahun, di mana 1% masuk dalam APBD Desa, 5% ke POKDARWIS dan 94% ke masyarakat Rammang-Rammang.

8 Top Destinasi Wisata di Kota Semarang, yang Menawan Hati

Selain pesona tebing karst yang eksotik, Desa Wisata Rammang-Rammang juga memanjakan mata pengunjung dengan wisata alam di Kampung Berua dan Kampung Laku. Pengunjung dapat menyusuri sungai dengan perahu Jolloro dan menikmati suguhan pemandangan pohon Nipah dan Bakau, Taman Batu, Hutan Batu, Telaga Bidadari, Sosokeng, Sepak Labbua, Wisata Prasejarah berupa situs dan goa prasejarah, Wisata Minat Khusus (Bird Watching, Bad Watching, River Tour, Night Tour), dan Wisata Seni budaya di Kampung Massaloeng yang menambah daya tarik tersendiri. Berbagai kuliner dan kerajinan khas dari bahan alami lokal menambah semarak potensi wisata Rammang-Rammang.

Berbagai Penghargaan telah diraih salah satunya dalam ajang Kreatif Tourism World 2022 DEWI Rammang-Rammang berhasil memenangkan 2 dari 3 kategori yang dipertandingkan yaitu kategori Digital dan Youth.

5 Tradisi Unik untuk Melestarikan Alam, Bentuk Kekayaan Etnaprana Indonesia

Awalnya destinasi wisata Rammang-Rammang dibangun oleh masyarakat berkat bantuan CSR dari PT. Semen Bosowa, PT. Bank Indonesia dan PT. Angkasa Pura sebagai perusahaan yang berlokasi di Kabupaten Maros dan peduli terhadap wisata alam dan keberlanjutannya. Pemerintah turut mensupport setelah kawasan Rammang-Rammang menjadi bagian dari desa wisata.

Tidak berhenti hanya menjadi kebanggaan warga Kabupaten Maros dan Provinsi Sulawesi Selatan saja, Rammang-Rammang menjadi wisata dunia setelah perjuangan dan kerja keras bersama yang panjang mengawal proses penetapan  Rammang-Rammang sebagai area geopark oleh UNESCO.

Halaman Selanjutnya
img_title