Perawatan Menakjubkan So’oso Madura di Sumenep, Etno Wellness Tradisional yang Mendunia

Tren Utama, Spa Wellness Etnaprana
Sumber :
  • spahandbook.com

WISATA – Perawatan spa, pijat atau refleksi, biasanya mempunyai tahapan yang sama, yakni perendaman kaki,  pemijatan ke seluruh tubuh, pemberian masker kemudian bilas, dan dilanjutkan dengan pengaplikasian lulur

Wellness Etnaprana Diprediksi Jadi Kekuatan Ekonomi Baru Indonesia

Keunggulan perawatan so’oso Madura di Kabupaten Sumenep adalah jenis lulurnya yang berbeda dengan perawatan spa pada umumnya.  Proses perawatan tubuh so’oso Madura pada saat pengaplikasian lulur dilakukan dalam tiga tahapan penggosokan, yaitu pada tahapan awal so’oso, kemudian so’oso celleng, dan bedak mangir. Pembersihan permukaan kulit melalui penggosokan secara teratur dilakukan untuk menghilangkan kotoran, kerak dan sel sel mati. So’oso Madura juga menggunakan lulur hitam untuk mencerahkan kulit.

Setelah proses peluluran selesai, dilanjutkan dengan membilas badan dengan menggunakan air dan rambut dibersihkan dengan shampoo. Hal tersebut untuk menjaga keindahan rambut perempuan ala Madura. Perawatan so’oso Madura juga dilengkapi dengan cahaya temaram, aromaterapi, musik instrumen tradisional, dan ornamen bunga-bunga.

Perkembangan Wellness Tourism di Indonesia dan Tren yang Berkembang Saat Ini

Tahapan proses selanjutnya yaitu sauna dan berendam menggunakan bahan-bahan tradisional yang bertujuan untuk memberikan relaksasi. Sehingga menimbulkan keterpaduan untuk memberikan rasa nyaman dan menghapus kepenatan seketika.

Proses sauna bertujuan untuk membuka pori-pori, dan memperlancar peredaran- darah. Sauna ini biasanya berkisar sekitar 10-15 menit. Badan yang berkeringat pada proses ini memberikan rasa ringan dan nyaman. Selanjutnya adalah berendam membersihkan diri di bath tub dengan rendaman racikan tradisional Madura dan bunga mawar untuk lebih menyamankan suasana dan membuat badan terasa bersih dengan energi positif mengalir ke seluruh tubuh.

3 Tempat Pijat Paling Dicari di Kota Malang, yang Mana Favorit Anda?

Setelah semua tahapan dan ritual spa selesai, disajikan secangkir minuman tradisional kunyit asam yang bermanfaat untuk menambah kesegaran tubuh setelah spa.

Anda harus berkunjung ke Sumenep untuk merasakan so’oso Madura yang otentik. Kementerian Pariwisata (Kemenpar) telah membuat sebuah rumah spa kraton skala nasional di Kabupaten Sumenep, dimana lokasinya merupakan bangunan Kantor Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpar) Sumenep yang beralih fungsi menjadi Rumah Spa Kraton dan Museum Pusaka Sumenep.

Halaman Selanjutnya
img_title