5 Tradisi Unik untuk Melestarikan Alam, Bentuk Kekayaan Etnaprana Indonesia

Tradisi Rasulan di Yogyakarta
Sumber :
  • Indonesia Travel

Jakarta, WISATA - Alam dan pariwisata merupakan dua hal yang saling mendukung. Alam memiliki daya tarik dan keindahan yang kemudian menjadi suatu objek wisata. Namun, alam haruslah terus terjaga agar pesonanya selalu terawat dan bisa terus dikagumi semua orang.

Wisata Sumber Sira: Satu Lagi Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Malang

Untuk itu, dibutuhkan kesadaran semua orang untuk terus menjaga alam dapat selalu lestari. Seiring dengan isu-isu lingkungan yang ada saat ini, sudah banyak upaya yang dilakukan untuk menjaga kelestarian alam. Upaya-upaya ini sebenarnya bukanlah hal yang baru, karena kesadaran menjaga alam dan lingkungan sudah ada di masyarakat dan bahkan menjadi tradisi-tradisi yang khas.

Berikut ini adalah beberapa tradisi unik yang dilakukan sebagai bentuk upaya menjaga kelestarian alam yang ada di Indonesia:

9 Quote Terbaik dari Filsuf Stoisisme tentang Alam, Kehidupan, dan Kebahagiaan sebagai Inspirasi

Mantari Bondar di Sumatera Utara

Mantari Bondar merupakan tradisi Desa Hatabosi, Sumatera Utara. Tradisi ini sudah berusia ratusan tahun dan dilakukan untuk menjaga hutan dan sumber air. Mantari berarti menteri, sementara Bondar merupakan saluran atau aliran air. Jadi, Mantari Bondar adalah petugas yang menjaga saluran air dan hutan.

8 Top Destinasi Wisata di Kota Semarang, yang Menawan Hati

Melalui tradisi ini, masyarakat Desa Hatabosi berkomitmen untuk menjaga kelestarian hutan dan konservasi air yang juga merupakan sumber utama mereka dalam mendapatkan air bersih.

Ruwat Laut di Lampung

Halaman Selanjutnya
img_title