Bedak Lotong, Kekayaan Etnaprana Rahasia Kecantikan Wanita Bugis

Bedak Lotong Khas Bugis
Sumber :
  • Facebook Bedda lotong khas bugis macanti

Makassar, WISATA – Telah menjadi rahasia umum bahwa ada lulur yang berasal dari suku Bugis, Sulawesi Selatan yang bernama Bedak Lotong (Bedda lotong). Bedak artinya bedak, campuran dari berbagai ramuan alami yang diaplikasikan pada kulit. Adapun lotong artinya hitam. Bedak lotong atau bedak hitam ini memang penampakannya hitam pekat karena bahan dasarnya adalah beras ketan hitam.

Proyeksi Ekonomi Global dan Dampaknya Terhadap Indonesia: Analisis Terkini

Bedak lotong memiliki khasiat mencerahkan dan menghaluskan kulit, meluruhkan daki, mengeluarkan aroma wangi, membuat tubuh menjadi bugar dan segar, menghilangkan belang pada kulit, memudarkan bekas luka.

Awalnya, bedak lotong hanya dipakai oleh kaum bangsawan kemudian merupakan lulur yang biasa dipakai oleh calon pengantin Bugis. Dulu bedak lotong hanya dibuat dalam ukuran secukupnya untuk dipakai sendiri, kemudian diproduksi dalam skala rumah tangga. Belakangan ini banyak pengusaha lokal yang memproduksi bedak lotong skala besar untuk didistribusikan secara nasional. Lambat laun bedak lotong mulai dikenal di nusantara.

JAY IDZES: Tetiba, Media Italia Soroti Jay di Timnas, Ada Apa?

Bedak Lotong Khas Bugis dari Beras Ketan Hitam

Photo :
  • Facebook Bedda lotong khas bugis macanti

Bedak lotong merupakan salah satu kekayaan etnaprana Bugis yang dapat dikombinasikan untuk menjadi salah satu dari paket wellness tourism.

Seiring Banyaknya Diaspora Indonesia Tempe meng-Global ke Berbagai Belahan Dunia

Cara membuat bedak lotong bermacam-macam tergantung dari pembuatnya. Satu bahan bisa digunakan lebih banyak sesuai tujuannya. Salah satu resep bedak lotong adalah sebagai berikut:

Bahan:

Halaman Selanjutnya
img_title