LUMAJANG : Air Terjun Tumpak Sewu, Pesona Wisata Lumajang yang Semakin Dikenal Dunia

Air Terjun Tumpak Sewu
Sumber :
  • IG/airterjuntumpaksewu

WISATA – Berada di kaki Gunung Semeru, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Air Terjun Tumpak Sewu dan keindahan alam di lokasi tersebut saat ini mulai dilirik oleh banyak wisatawan asing. Kecamatan Pronojiwo merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang menyuguhkan panorama keindahan alam yang indah luar biasa.

Pelatihan Pokdarwis dan Masyarakat di Malang untuk Pengembangan Kampung Wisata Tematik

Setiap hari di sekitar jalanan Kecamatan Pronojiwo tampak banyak wisatawan asing lalu lalang. Diperkirakan kunjungan wisatawan asing pun mulai meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut juga berkat diimbangi oleh sejumlah fasilitas penunjang wisata seperti halnya penginapan, sarana persewaan kendaraan dan guide tour. Meningkatnya kunjungan wisman di Pronojiwo tentu menjadi potensi dan peluang yang harus dibaca dan dimanfaatkan, tidak hanya oleh warga tapi juga pemerintah setempat. UMKM setempat akan tumbuh, perputaran ekonomi lokal juga meningkat.

Dirangkum dari infopublik.id, Pemerintah setempat diharapkan dapat membantu memaksimalkan potensi tersebut, melalui dukungan fasilitas ataupun peningkatan kualitas sumber daya manusia pelaku wisata. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang, Yuli Harismawati, di sela kegiatannya Sabtu (11/11/2023) menerangkan, data kunjungan yang diperoleh dari Tumpak Sewu ada lima ribu lebih wisatawan asing selama periode Januari sampai Juni 2023, yang paling paling banyak berasal dari Thailand, Malaysia, Singapura, Belgia, dan Rusia.

Omset Penjualan Produk UMKM Meningkat di World Water Forum ke-10 Bali

Menurut Yuli Haris lagi, untuk memudahkan wisman dalam menjelajah setiap spot wisata di Kecamatan Pronojiwo, pemerintah setempat telah menyediakan layanan Pusat Informasi Pariwisata (PIP) Pronojiwo yang akan memberi pilihan paket wisata dan rute wisata terbaik. Yuli menjelaskan, PIP merupakan salah satu program realisasi Program Desa Berdaya dari Dinas Pemberdayaan Provinsi Jawa Timur yang didukung oleh DPMD Kabupaten Lumajang.

Air Terjun Tumpak Sewu

Photo :
  • IG?airterjuntumpaksewu
Gebyar 2 Tahun Batu Bisnis Festival 28 Mei – 1 Juni 2024 Hadirkan Ragam Produk UMKM dan Pariwisata

Untuk diketahui, Air Terjun Tumpak Sewu adalah air terjun menakjubkan yang memiliki banyak sumber mata air. Formasinya terbilang unik karena memiliki aliran air yang melebar seperti tirai. Lokasinya berada di dalam sebuah lembah curam memanjang dengan elevasi 500 meter diatas permukaan air laut. Ada juga yang menyebutkan jika air terjun Tumpak Sewu memberikan nuansa seperti layaknya berwisata ke Air Terjun Niagara .Air Terjun Tumpak Sewu juga dijuluki sebagai Tebing Nirwana karena keindahan dan pesonanya. Air Terjun Tumpak Sewu buka mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB, dengan harga tiket masuk Rp. 10.000.