Wisata Gantangan Burung Satu Titik di Malang, Upaya Pemkot Dongkrak Pariwisata dan Ekonomi

Gantangan Tempat Burung yang Dilombakan
Sumber :
  • Instagram/regarsport_kicau)

Malang, WISATA – Satu lagi wisata baru diresmikan di Kota Malang. Wisata baru itu adalah Wisata Gantangan Burung Satu Titik yang merupakan satu-satunya di Indonesia. 

Elon Musk Beri Efek Mengejutkan di Indonesia, Sandiaga Uno Beberkan Masa Depan Pariwisata Tanah Air

Wisata Gantangan Burung Satu Titik ini bertempat di Jl Lowokdoro Kel. Kebonsari, Sukun Kota Malang dan baru saja diresmikan oleh Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji hari Minggu kemarin. Dengan adanya wisata ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan sekaligus wadah para kicau mania.

Dilansir dari malangkota.go.id, lokasi perlombaan burung berkicau baru yang berlokasi di eks TPA Lowokdoro ini ditargetkan dapat mendongkrak  kunjungan wisata dan ekonomi masyarakat setempat. 

UKM: SKAKMAT Handmade, Usaha Kerajinan Kulit yang Kedepankan Kualitas

Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji usai meresmikan  Wisata Gantangan Burung Satu Titik pada hari Minggu 17 September 2023 kemarin.  Alasan  diubahnya eks TPA Lowokdoro ini karena lokasi tersebut sebelumnya sangat kumuh dan berpotensi  dijadikan pemukiman oleh gelandangan maupun pengemis. 

Lebih lanjut  Sutiaji menyebutkan berbagai fasilitas akan ditambah seperti  area parkir, musholla, area UMKM, ruang terbuka hijau dan tempat transit peserta lomba. 

Kepala Desa di Jeneponto Mendukung Program Pj Gubernur Sulawesi Selatan

“Label Malang Satu Titik  adalah untuk menyatukan para komunitas pecinta burung berkicau  dan ribuan gantangan yang ada di Kota Malang dan sekitarnnya,” ujar Sutiaji.

Pada awalnya terjadi tarik ulur terhadap rencana pembuatan wisata ini, namun demikian Sutiaji yakin bahwa pembangunan wisata gantangan burung ini akan memperkuat perekonomian dan menjadi salah satu pendongkrak ekonomi kreatif. Oleh karena itu jajaran Pemkot beserta penggiat wisata gantangan burung semestinya selalu memberikan sosialisasi kepada masyarakat karena pada dasarnya  semua itu untuk rakyat.

Halaman Selanjutnya
img_title