Pilihan Menu Makanan untuk Syukuran Pindah Rumah atau Menempati Rumah Baru yang Ramah di Kantong

ilustrasi interior rumah
Sumber :
  • pixabay

WISATA – Pindah rumah, atau menempati rumah baru biasanya disertai dengan syukuran, selamatan, atau makan-makan. Jika mengikuti adat jawa, biasanya ada menu khusus untuk acara syukuran ini. Yaitu  terdiri dari nasi gurih dengan pelengkapnya, seperti ayam goreng, sayur urap, sambal, dan jajanan pasar. Menu ini disajikan dalam bentuk tumpeng yang melambangkan keberkahan dan harapan.

UMM: Wacana Bangun Kampus Bersama di KEK Singhasari Bersama King’s College London

Selain itu, merujuk ke beberapa sumber, menu pindah rumah adat Jawa juga harus memperhatikan uborampe atau perlengkapan yang dibawa ke rumah baru, seperti tikar, lampu teplok, air dan bunga dalam kendi, dan kuali. Uborampe ini memiliki makna filosofis untuk mendapatkan kehidupan yang nyaman, tenteram dan sejahtera.

Namun jika acara makan-makan tidak dilakukan mengikuti adat istiadat, melainkan hanya sebagai bentuk syukur menempati rumah baru, banyak alternatif menu makanan yang bisa disajikan tergantung pada selera, anggaran, dan jumlah tamu Anda. Berikut adalah beberapa contoh menu yang populer dan ramah di kantong:

ASN Terlibat Judi Online Terancam Kena Sanksi, Ini Datanya!

Ilustrasi interior rumah

Photo :
  • pixabay
  • Tumpeng nasi kuning: Menu ini adalah salah satu yang paling sering dipilih untuk acara selamatan, karena melambangkan keberkahan dan harapan. Tumpeng nasi kuning biasanya disajikan dengan berbagai lauk-pauk, seperti telur, ayam goreng, tempe orek, sambal, sayuran, dan lain lain.  
  • Nasi liwet khas Sunda: Menu ini juga sangat lezat dan menggugah selera. Nasi liwet adalah nasi yang dimasak dengan santan, garam, dan bumbu-bumbu lainnya. Nasi liwet biasanya disajikan dengan ayam goreng, tahu tempe goreng dan lalapan.
Halaman Selanjutnya
img_title