PURWOREJO: Ini Lho, 6 Juara Pemenang Desa Wisata Jawa Tengah 2024, Adakah Desamu?

Para Pemenang Gelar Desa Wisata Jawa Tengah (GDWJT) 2024
Sumber :
  • visitjawatengah.jatengprov.go.id

Purworejo, WISATA –  Puncak ajang kegiatan Gelar Desa Wisata Jawa Tengah (GDWJT) 2024 sudah berlangsung pada hari Jumat (13/9/2024) di Pendopo Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Pada ajang tersebut, terpilih 10 besar Desa Wisata Terbaik dari 29 Desa Wisata yang berpartisipasi dalam GDWJT 2024.  

GDWJT bertujuan untuk mendorong desa wisata menampilkan produk terbaik dan inovasi pengelolaan potensi wisata dari desanya, untuk pengembangan kepariwisataan di wilayahnya.

Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata, Aria Candra Destianto menyatakan, bahwa Desa Wisata harus terus menggali keunikan atau unique selling masing-masing dan infrastruktur harus dibenahi untuk kenyamanan wisatawan.  

Tahun ini, penghargaan GDWJT diberikan kepada 6 pemenang, masing-masing untuk Juara 1, 2, dan 3 serta Harapan 1,2,dan 3.  

Dan berikut, daftar Desa Wisata (Deswita) yang berhasil meraih penghargaan tersebut:

Juara 1 Deswita Pagak, Kabupaten Banjarnegara

Desa Wisata Pagak di Kabupaten Banjarnegara adalah desa wisata berbasis kreatif. Beberapa tempat UKM/Ekraf unggulan di Desa Wisata Pagak, antara lain sport center yang ada di areal kampung Kitiran Rawa Lutung, penyulingan minyak atsiri, perajin ketupat landhan, perajin anat kesenian, budi daya tanaman anggrek, spot selfie Talang Gantung, dan tidak ketinggalan ketupat landhan ayam petis dan sroto pagak, dengan minuman kelapa muda dan es teh hijau.

Juara 2 Deswita Kemutug Lor, Kabupaten Banyumas

Desa Wisata Kemutug Lor merupakan desa wisata yang terletak di bawah lerang Gunung Slamet, Kec. Baturraden, Kabupaten Banyumas. Desa ini menawarkan atraksi budaya seperti Grebeg Sura, wisata alam seperti Curug Pinang, wisata religi seperti petilasan bernama Gedang Lirip, Damar Payung, dan Jumbre, kuliner seperti tahu susu dan nasi besek sega lamod, dan juga wisata buatan seperti Embung Jelita.

Juara 3 Deswita Tegalsambi, Kabupaten Jepara

Desa Wisata Tegalsambi terletak di pesisir laut Utara Jawa, di kabupaten Jepara. Desa ini memiliki suasana pesisir yang indah dan memanjakan mata. Tak hanya keindahan alam berupa Pantai Pasir Putih, Desa Wisata Tegalsambi juga memiliki pemandangan sawah yang hijau dan menenangkan. Budaya masyarakatnya masih lestari hingga kini. Salah satunya ialah Perang Obor. Masyarakat Desa Tegalsambi juga memiliki kreativitas yang dapat dilihat melalui keahlian dalam mengukir kayu, membuat mebel furnitur, serta pembuatan suvenir dari limbah kayu mebel.

Juara Harapan 1 Deswita Tasikharjo, Kabupaten Rembang

Desa Wisata Tasikharjo di Kabupaten Rembang, letaknya strategis tepat berada di tepi Jalan Pantura. Desa ini memiliki wisata alam Pulau Gede Rembang dan Pantai Pasir Putih Wates serta wisata buatan seperti Kolam Renang Nawang Wulan. Tersedia juga beragam produk oleh-oleh, seperti rengginang, terasi, garam pesisir, olahan bandeng, dll.

Juara Harapan 2 Deswita Jatibatur, Kabupaten Sragen

Desa Wisata Jatibatur di Kabupaten Sragen memiliki daya tarik wisata yang populer, yakni Sendang Kun Gerit. Terdapat empat jenis kolam renang untuk anak-anak, remaja, dan dewasa. Selain wisata air, di Sendang Kun Gerit juga menawarkan kuliner yang harganya serbaterjangkau. Mulai dari aneka minuman, makanan ringan, hingga aneka olahan ikan serta ayam.

Juara Harapan 3 Deswita Karangmangu, Kabupaten Cilacap

Desa Karangmangu berada di Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap merupakan desa wisata berbasis alam dan budaya. Paket wisata yang ditawarkan antara lain edukasi pengolahan media dan penanaman padi, agrowisata buah, edukasi pembuatan Cocomesh, dan edukasi pembuatan minyak Tamanu. Selain itu, terdapat atraksi budaya berupa karawisatan dan kuda lumping. Desa ini juga memiliki Wanarata Coffee dan Resto Alam.

Selamat kepada seluruh pemenang Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2024 ya....

(Sumber: visitjawatengah.jatengprov.go.id)

SEMARANG: 1.430 Peserta Ikuti Specta Jateng Ultimate Offroad Challenge 2024