Pabrik Siropen: Pabrik Limun Legendaris Daya Tarik Kota Lama Surabaya Berdiri Sejak 1923

Pabrik Limoen Siropen
Sumber :
  • IG/cakapid

Surabaya, WISATA – Tempat wisata Kota Lama Surabaya memiliki sejarah dan bangunan-bangunan lama yang sudah ada sejak jaman Belanda, salah satunya adalah Pabrik limun dan sirup yang bernama Siropen. Pabrik Siropen berlokasi di Jalan Mliwis No. 5, Surabaya.

Trans Snow World Surabaya: Pengalaman Salju Indoor di Jantung Kota Surabaya

Di Pabrik Siropen yang masih memproduksi sirup ini para pengunjung bisa langsung melihat proses pembuatan sirup. Pabrik Siropen yang telah ada sejak tahun 1923 ini didirikan oleh JC. Van Drongelen. Pabrik ini juga disinyalir sebagai pabrik limun dan sirup yang tertua bukan hanya di Surabaya, namun juga di Indonesia. Namun pabrik Siropen baru mulai dibuka untuk umum, pada tahun 2011.

Pada tahun 2012 Pabrik Siropen bekerja sama dengan House of Sampoerna sebagai salah satu tujuan Bus Surabaya Heritage Track. Dan sejak itu pula Pabrik Siropen dinyatakan sebagai ODTW (Obyek Daerah Tujuan Wisata) oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya.

10 Rekomendasi Destinasi Wisata di Surabaya Jawa Timur yang Sayang Kalau Dilewatkan

Pabrik legenda ini masih menggunakan produksi secara manual mulai dari pembuatan hingga tahap packaging dengan hanya selama 2 hari saja. Untuk rasa Siropen memiliki varian rasa yang sangat otentik dari jaman dulu hingga sekarang yaitu varian rasa Telasih. Terdapat 7 varian rasa Mawar, Coco Pandan, Frambosen, Leci dan vanilla. Selain itu, juga ada varian Siropen premium dengan 18 rasa dan Siropen Garmed Khusus resto maupun café ada 31 rasa.

Dalam sehari bisa sampai seribu produksi sirup karena dalam satu guci produksi sirup kurang lebih Seratus lima Puluh botol untuk diperjualkan belikan. Strategi pasar yang digunakan pihak manajemen siropen saat ini mengembangkan lewat sosial media dan ingin menarik perhatian dari anak muda supaya bisa menngenal sirup legenda kota Surabaya. 

Tempat Wisata Hits di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Selain Pabrik Siropen yang saat ini menjadi trending dan banyak dikunjungi masyarakat dari kalangan tua dan muda, kawasan  Kota lama Surabaya yang mempunyai daya tarik wisata lainnya adalah gedung Cerutu, Hotel Arcadia, SMPN 5 Surabaya, gedung PTPN XII, gedung PTPN XI, gedung Pertamina, gedung Internatio, De Javasche Bank, Bank BNI, Kantor Pos Besar Kebonrojo, Taman Sejarah, Jembatan Merah, Misoa, Pelabuhan Perak dan lain lain.

 

Halaman Selanjutnya
img_title