LUMAJANG: Lokasi Wisata Baru...Hutan Pinus Poncosumo, Pesona Wisata Alam yang Memesona

Wisata Hutan Pinus Poncosumo, Lumajang
Sumber :
  • portalberita.lumajangkab.go.id

Lumajang, WISATA – Kabupaten Lumajang, menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi wisatawan yang ingin mencari tempat berlibur di Provinsi Jawa Timur.

Tidak hanya populer dengan keindahan bukit-bukit dan air terjun, kini, daerah yang dikenal sebagai Kota Pisang tersebut, juga memiliki tempat wisata baru yang tengah populer, yaitu Wisata Hutan Pinus Poncosumo.

Wisata yang satu ini berlokasi di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.  

Pemandangan yang asri dan atmosfer udara yang segar, menyebabkan lokasi wisata tersebut menjadi tempat yang rekomended yang ingin ‘healing’ dan menyegarkan pikiran.

Ketua Lingkungan Wisata Hutan Pinus Poncosumo, Sunari menyatakan, Wisata Hutan Pinus Poncosumo sudah berjalan sekitar 6 bulan.

"Bukanya itu pas natal tahun baru kemarin mas, berjalan sekitar 6 bulananlah, tapi ini belum resmi buka karena masih proses perizinan kerja sama dengani Perhutani," kata Sunari (12/7/2024).

Meski masih tergolong baru, wisata tersebut sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan, khususnya di hari-hari libur.

Wisata Hutan Pinus Poncosumo menawarkan keindahan pepohonan pinus yang menjulang tinggi disertai aliran sungai yang bisa dimanfaatkan untuk bermain air.

Bahkan, tak sedikit pula pengunjung yang menggelar tikar sembari menikmati indahnya alam.

Wisatawan juga bisa berkemah di tengah-tengah keindahan pepohonan hutan pinus yang ada dilokasi wisata tersebut.

"Untuk tarif Camping Rp30 ribu (tenda bawa sendiri), itu untuk keamanan dll. Kalau untuk sewa tenda, kurang lebih Rp50 ribu dengan fasilitasi maksimal berisi 4 orang," ujar Sunari.

Di samping itu, sudah ada puluhan UMKM yang juga telah aktif berjualan makanan maupun minuman.

Pihaknya juga bekerja sama dengan Kelompok Swadaya Masyarakat Bank Sampah Sumber Kahuripan Desa Sumberwuluh untuk menjaga kebersihan lokasi wisata.

"Jadi tiap sorenya itu, para pemilik warung membersihkan sampah yang ada di sekitarnya, kemudian langsung di ambil oleh kelompok bank sampah," pungkasnya.

(Sumber: portalberita.lumajangkab.go.id)

LUMAJANG: Dari Biji Kurma Sejereh, Pantai Mbah Drajid Disulap Jadi Destinasi Wisata Tematik