Tugas dan Tanggung Jawab Front Office dalam Operasional Hotel

Receptionists Hotel
Sumber :
  • Pixabay

Malang, WISATA- Front office hotel adalah pusat aktivitas dan interaksi dengan tamu. Departemen ini memiliki peran penting dalam menjalankan operasional hotel dengan sukses. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi tugas dan tanggung jawab utama front office dalam operasional hotel.

Wellness Etnaprana Spa: Cara Memakai Lulur yang Tepat untuk Mengatasi Daki

1.    Pendaftaran dan Check-in Tamu

Salah satu tugas utama front office adalah melakukan pendaftaran dan proses check-in tamu yang tiba di hotel. Staf front office akan meminta informasi identitas tamu, melakukan pendaftaran ke dalam sistem, dan memberikan kunci kamar. Proses ini melibatkan verifikasi data tamu, penyiapan akun pembayaran, dan memberikan informasi tentang fasilitas dan layanan yang tersedia di hotel.

Cara Melakukan Komplain terhadap Layanan Hotel Apabila Dirasa Kurang Memuaskan

2.    Check-out dan Penagihan

Front office juga bertanggung jawab untuk proses check-out tamu saat mereka meninggalkan hotel. Staf front office akan mengambil kunci kamar, memverifikasi konsumsi atau tagihan tambahan, dan mengurus pembayaran. Mereka harus memastikan bahwa semua transaksi telah diselesaikan dengan benar dan tamu meninggalkan hotel dengan lancar.

Penting Bagi Anda, Inilah Etika Menginap di Hotel yang Perlu Anda Ketahui

3.    Reservasi dan Pengelolaan Kamar

Front office memiliki peran kunci dalam mengelola reservasi dan penugasan kamar di hotel. Staf front office akan menerima dan mengkonfirmasi reservasi tamu, mengelola perubahan atau pembatalan reservasi, dan mengatur penugasan kamar yang sesuai dengan preferensi tamu dan ketersediaan. Mereka harus menjaga integritas data reservasi, memastikan koordinasi yang baik dengan departemen lain, dan mengoptimalkan penggunaan kamar yang tersedia.

Halaman Selanjutnya
img_title