TIMNAS SENIOR INDONESIA: Kabar Baik, Calon Kiper Naturalisasi, Selangkah Lagi Jadi WNI

Cyrus Margono
Sumber :
  • tvonenews.com/IG: Cyrus Margono

Jakarta, WISATA – Kabar baru datang dari calon kiper naturalisasi, Cyrus Margono yang akan kembali memiliki paspor Indonesia.

Berbeda dari pemain naturalisasi lainnya, Cyrus Margono bukanlah rekomendasi dari tim kepelatihan Timnas Indonesia yang dipimpin Shin Tae-yong (STY).

Cyrus Margono yang memiliki dua kewarganegaraan Indonesia dan Amerika Serikat memutuskan untuk melepas kewarganegaraan Amerika Serikat.

Aturan Undang-undang Republik Indonesia menyebut setiap anak yang memiliki kewarganegaraan ganda, wajib memilih melepas satu kewarganegaraannya ketika usianya mencapai 21 tahun.

Berbeda dari Elkan Baggott yang mendapatkan KTP setelah melepas kewarganegaraan Inggris, pemain berusia 23 tahun ini, justru tidak memilih kewarganegaraan yang membuat kewarganegaraan Indonesianya lepas.

Cyrus Margono pun memilih untuk meminta bantuan staf ahli Kemepora RI, Hamdan Hamedan untuk melancarkan proses naturalisasi agar kembali memiliki paspor Indonesia.

Melalui akun Instagram resminya, Cyrus Margono pun menyampaikan kabar terbaru dari proses naturalisasinya.

"Saya senang untuk mengabarkan bahwa proses (naturalisasi) saya hampir selesai," kata Cyrus Margono dalam unggahan Instagram Story-nya, dikutip Kamis (29/2/2024).

Dia menyebut berkas administrasi naturalisasinya telah sampai ke Sekretariat Negara, artinya, Cyrus kini tinggal menantikan Keputusan Presiden (Keppres) untuk syarat terakhir pengambilan sumpah di Kanwil Kemenkumham.

"Sudah beberapa minggu sejak dokumen saya sampai di Setneg, dan kita sudah dekat (Indonesia)," tulis Cyrus.

Cyrus turut mencantumkan sepatu bertuliskan inisial namanya dan nomor punggungnya.

Dalam sepatu itu, bendera Indonesia sudah menempel dan dia mengaku tak sabar untuk menggunakan sepatunya.

"Saya tidak sabar untuk segera memakai sepatu ini," kata Cyrus Margono.

Pemain Panathinaikos B ini, menyampaikan terima kasih atas bantuan Hamdan yang mau membantunya mendapatkan kembali paspornya, meski dia tidak mendapatkan rekomendasi dari STY.

"Saya sangat menantikan saat saya bisa menerima paspor Indonesia saya lagi, Insya Allah," tulis Cyrus.

(Sumber: tvonenews.com)

TIMNAS SENIOR INDONESIA: Cyrus Margono Sudah Kontak dengan Tangan Kanan STY, Bakal Bela Timnas?