Epictetus: "Kita Tidak Dipengaruhi oleh Apa yang Terjadi pada Kita, Tetapi oleh Cara Kita …. ."

Epictetus Salah Seorang Filsuf Stoicisme
Sumber :
  • abackpekerstate

Malang WISATA - Filsuf Stoik Epictetus dengan kata-katanya yang bijak menyoroti kekuatan pikiran manusia dalam menghadapi kehidupan. Kutipan ini mengajarkan kita bahwa kita memiliki kendali atas cara kita merespons situasi hidup, bukan atas situasi itu sendiri. Dalam artikel ini, kita akan merenungkan makna mendalam dari kutipan ini dan bagaimana relevansinya dalam kehidupan sehari-hari.

Inilah Cara Sederhana Mengungkapkan Rasa Syukur agar Hati Tenang dan Jiwa Tentram

Latar Belakang Epictetus:

Epictetus hidup pada abad pertama Masehi di Yunani kuno. Meskipun lahir sebagai budak, dia menjadi salah satu filsuf Stoik yang paling terkenal. Ajaran-ajarannya yang bijak tentang kontrol diri, penerimaan takdir, dan hidup sederhana telah menginspirasi banyak orang selama berabad-abad.

Lakukan 7 Hal Berikut Ini agar Rejekimu Lancar dan Hidup Bahagia

Analisis Kutipan:

Kutipan ini mengajarkan kita bahwa dalam kehidupan, seringkali bukanlah peristiwa itu sendiri yang menentukan pengalaman kita, tetapi penafsiran kita terhadap peristiwa tersebut yang memengaruhi kita secara emosional dan mental. Epictetus mengajarkan pentingnya memilih perspektif yang positif dan konstruktif terhadap segala sesuatu yang terjadi pada kita.

Konsepsi Eudaimonia: Kebahagiaan yang Berkelanjutan Aristoteles dalam "Nikomakhos Etika"

Relevansi dalam Kehidupan Sehari-hari:

Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali dihadapkan pada berbagai peristiwa atau situasi yang di luar kendali kita. Namun, kutipan ini mengingatkan kita bahwa kita memiliki kendali penuh atas cara kita merespons peristiwa-peristiwa tersebut. Dengan mengubah cara kita memandang situasi, kita dapat mengubah pengalaman kita dan memperoleh kedamaian batin.

Halaman Selanjutnya
img_title