Dua Sphinx yang Menggambarkan Kakek Raja Tut Ditemukan di Mesir

Kepala Sphinx yang Ditemukan
Sumber :
  • Facebook/archaeologyworldwide.com

Malang, WISATA – Para arkeolog sedang memulihkan patung batu besar yang ditemukan setengah terendam air di lokasi pemakaman firaun Mesir Amenhotep III

Para Arkeolog Menemukan Sphinx Terkubur Lainnya di Mesir

Para arkeolog di Mesir telah menemukan sisa-sisa dua sphinx besar di sebuah kuil kuno di Luxor. 

Patung-patung tersebut, masing-masing berukuran panjang 26 kaki, ditemukan setengah terendam air di kuil Amenhotep III, kakek Raja Tutankhamun dan seorang firaun yang memerintah Mesir dari tahun 1390 SM hingga 1353 SM.

Inilah Sisi Lain Kehidupan Plato yang Belum Banyak Diketahui

Sebuah tim peneliti Mesir dan Jerman menemukan artefak tersebut saat merestorasi situs pemakaman penguasa kuno, yang dikenal sebagai 'Kuil Sejuta Tahun', menurut pernyataan Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir.

Tim juga menemukan tiga patung granit hitam Sekhmet, dewi perang yang berwujud singa betina dan sisa-sisa tiang serta dinding dengan ukiran adegan upacara. 

Arkeolog Temukan 20 Peti Mati Mesir Kuno yang Tersegel di Mesir

Arkeolog utama Hourig Sourouzian memberi tahu Muhammad Magdy bahwa artefak tersebut terletak di dekat jalan prosesi penting yang digunakan pada upacara dan perayaan selama masa hidup firaun. 

Relief dinding menampilkan gambar Heb-Sed, sebuah festival besar yang diadakan oleh Amenhotep pada peringatan 30 tahun pemerintahannya dan setiap tiga tahun setelahnya untuk menghormati pemerintahan panjangnya, yang berlangsung hampir 40 tahun.

Halaman Selanjutnya
img_title