Inilah Alasan Tidak Boleh Minum Teh Saat Sahur

Minum Teh Saat Sahur
Sumber :
  • jurnal Wanita

Malang, WISATA - Sahur merupakan salah satu momen penting bagi umat Muslim dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Saat sahur, kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat memberikan energi dan nutrisi yang cukup untuk menahan lapar dan haus sepanjang hari. Namun, ada beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihindari, salah satunya adalah minum teh. Meskipun teh merupakan minuman yang populer di berbagai kalangan, terutama sebagai penambah semangat di pagi hari, namun minum teh saat sahur sebaiknya dihindari. Berikut adalah alasan-alasannya:

Inilah Para Pemain Timnas Naturalisasi yang Tetap Jalankan Ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadan

1. Efek Diuretik

Teh mengandung kafein yang memiliki efek diuretik, yaitu meningkatkan produksi urine dalam tubuh. Saat sahur, tubuh membutuhkan cairan untuk menghidrasi dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh selama berpuasa. Minum teh dengan kandungan kafein dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan lebih cepat melalui urine, yang pada akhirnya dapat meningkatkan risiko dehidrasi selama berpuasa.

Inilah 5 Cara Ampuh Mengelola Stres Karena Tidak Punya Uang

2. Gangguan Pencernaan

Kafein dalam teh juga dapat meningkatkan asam lambung dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti mulas, perut kembung, dan meningkatkan risiko terjadinya refluks asam lambung. Saat sahur, penting untuk mengonsumsi makanan yang ringan dan mudah dicerna agar tidak menyebabkan gangguan pencernaan yang dapat mengganggu kenyamanan selama berpuasa.

Jangan Minum Teh atau Kopi Saat Perut Masih Kosong, Ini Alasannya

3. Gangguan Kualitas Tidur

Minum teh yang mengandung kafein saat sahur juga dapat memengaruhi kualitas tidur pada saat berpuasa. Kafein dapat membuat tubuh menjadi lebih aktif dan sulit untuk tidur, terutama jika dikonsumsi pada waktu yang terlalu dekat dengan waktu tidur. Gangguan kualitas tidur dapat menyebabkan rasa lelah dan mengantuk yang berlebihan selama berpuasa, sehingga memengaruhi konsentrasi dan produktivitas selama menjalankan ibadah.

Halaman Selanjutnya
img_title