Orang Suriah Kuno Mengikuti Pola Makan Mediterania yang Terbukti Mencegah Penyakit Jantung

Rumah dan Kuburan Zaman Perunggu
Sumber :
  • archaeologymag.com

Malang, WISATA – Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa penduduk kuno Tell Tweini, sebuah pemukiman dekat kota pesisir Jableh di Suriah, bertahan hidup dengan pola makan yang sangat mirip dengan pola makan Mediterania modern

Kapak Batu yang Digali di Oman Berusia Lebih dari 300.000 Tahun, Mengungkap Pemahaman Awal Dunia

Kesimpulan ini muncul dari studi komprehensif yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE yang dipimpin oleh Benjamin T. Fuller dari Universitas Leuven dan Simone Riehl dari Universitas Tübingen. 

Para peneliti menggunakan analisis isotop pada 410 benih tanaman, 210 tulang hewan, dan 16 tulang manusia untuk memetakan aliran nutrisi melalui rantai makanan dan sistem pertanian dari waktu ke waktu. Metode ini memungkinkan mereka merekonstruksi pola makan dan teknik pertanian yang menjadi ciri sistem agropastoral di wilayah tersebut. 

Salah Satu Kota Tertua di Dunia Ini 8.000 Tahun Lebih Tua dari Piramida Pertama

Selama Zaman Perunggu Pertengahan (2000 hingga 1600 SM), makanan penduduk Tell Tweini sebagian besar terdiri dari biji-bijian, anggur, zaitun, serta sedikit daging dan susu. Analisis isotop menunjukkan tingkat isotop nitrogen yang relatif rendah (δ15N) pada sisa-sisa manusia pada periode ini, yang menunjukkan pola makan yang sebagian besar didasarkan pada sumber nabati seperti biji-bijian dan zaitun. Namun, keberadaan sisa-sisa domba, kambing dan sapi menunjukkan bahwa produk hewani kadang-kadang dikonsumsi dan digunakan untuk membuat susu.

Kemiripannya dengan pola makan Mediterania modern sangat mencolok. Pola makan yang terkenal dengan manfaat kesehatannya ini menekankan pada biji-bijian, buah-buahan dan sayuran serta membatasi produk hewani. Telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung, sindrom metabolik, diabetes, kanker tertentu, dan depresi, serta meningkatkan fungsi mental dan fisik.

TIMNAS SENIOR INDONESIA: Alhamdulillah, Indonesia Akhirnya Lolos Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Studi ini juga menyoroti teknik pertanian canggih yang digunakan oleh penduduk Tell Tweini. Tingginya kadar isotop Δ13C dalam sisa buah anggur menunjukkan bahwa buah-buahan ini disiram dengan baik dan dirawat dengan cermat. Selain itu, ciri-ciri isotop pada gandum dan jelai menunjukkan bahwa tanaman ini menerima pupuk kandang sebagai pupuk secara teratur, hal ini menunjukkan praktik pertanian intensif yang mungkin meningkat seiring berjalannya waktu. 

Praktik-praktik pertanian ini penting untuk menjaga stabilitas panen, bahkan selama periode perubahan iklim besar dan pergolakan masyarakat. Pemanfaatan strategis lahan basah, wilayah pesisir dan kemungkinan irigasi membantu menahan dampak kekeringan regional, memastikan pasokan tanaman penting secara berkelanjutan. 

Halaman Selanjutnya
img_title