Struktur Melingkar Misterius Berusia 7.000 Tahun Ditemukan Dekat Praha

Roundel yang Ditemukan Dekat Praha
Sumber :
  • Facebook/archaelogynewsnetwork.com

Praha, WISATA – Para arkeolog sedang menyelidiki sebuah bangunan berusia 7.000 tahun yang disebut roundel (dikenal sebagai 'rondely' dalam bahasa Ceko) dan struktur monumental yang terletak di distrik Vinoř di pinggiran Praha, Republik Ceko. 

Ahli Arkeoastronom Teliti Hubungan Misterius antara Bulan dan Stonehenge

Fungsi struktur Neolitik kuno masih belum diketahui, tetapi para ilmuwan berharap bahwa penelitian lebih lanjut akan menjelaskan mengapa struktur monumental dibangun dan siapa dan bagaimana mereka digunakan. 

Dilansir dari archaeologynewsnetwork.com, roundels adalah struktur Neolitik melingkar besar yang dibangun antara 4.600 dan 4.900 SM. Oleh karena itu mereka jauh lebih tua dari Stonehenge Inggris atau piramida Mesir, menjadikannya struktur monumental tertua di seluruh Eropa. Namun, struktur kuno yang menarik ini sangat terpelihara dengan baik. 

Lingkaran Batu Castlerigg Stone Circle 700 Tahun Lebih Awal dari pada Stonehenge

Kebanyakan orang di Barat telah mendengar tentang Stonehenge di Inggris, yang diperkirakan telah dibangun antara 3.000 SM dan 2.000 SM dan beberapa mungkin pernah mendengar tentang Newgrange (3.200 SM) di Irlandia. Tetapi sangat sedikit orang yang tahu tentang 'roundels' di Eropa Tengah. Dan pagar melingkar Neolitik ini memiliki rahasia untuk diungkapkan.

"Yang disebut roundels adalah bukti arsitektur tertua di seluruh Eropa. Mereka adalah serangkaian parit melingkar dan mereka selalu diatur dalam lingkaran dengan dua, tiga, empat atau lebih pintu masuk ke pusat, empat adalah yang paling umum. 

Stonehenge, Bagaimana dan untuk Tujuan Apa Monumen ini Didirikan?

Parit melingkar biasanya berjumlah antara satu dan tiga, atau sangat jarang empat. Seluruh struktur mencapai rata-rata antara 30 hingga 240 meter, tetapi Anda paling sering menemukannya dalam kisaran 60 – 80 meter. Mungkin saya harus menekankan bahwa parit-parit ini biasanya lebarnya sekitar satu setengah meter, tetapi kita tahu parit ini dengan lebar hingga empat belas meter dan kedalaman enam meter," kata Jaroslav Rídký dari Institut Arkeologi Akademi Ilmu Pengetahuan Ceko di Praha.

Miroslav Kraus, peneliti utama penelitian, mencatat bahwa terlepas dari temuan ini, masih belum jelas apa fungsi struktur ini: 

Halaman Selanjutnya
img_title