10 Faktor yang Menyebabkan Seseorang Melakukan Bunuh Diri

Seseorang Mencoba Bunuh Diri dengan Terjun ke Air
Sumber :
  • pixabay

Malang, WISATA – Beberapa waktu belakangan ini banyak kasus bunuh diri yang terjadi di masyarakat. Selama tahun 2023 saja, terdapat 663 kasus bunuh diri yang dilaporkan POLRI seperti dikutip dari komnasperempuan.go.id.

Susah Bangun Pagi dan Malas Bangun Tidur Apakah Termasuk Penyakit Mental, Berikut Penjelasannya

Kasus yang terbaru adalah bunuh diri satu keluarga di Malang, di mana ini menimpa seorang guru SD beserta istri dan seorang anaknya. 

Jika Anda pernah bertanya-tanya, "Mengapa bunuh diri menjadi pilihan untuk menyelesaikan masalah?" Hanya yang bersangkutan yang tahu alasan sebenarnya. Namun demikian, penting untuk mengetahui bahwa, sering kali banyak faktor bergabung untuk mengarahkan seseorang pada keputusan untuk mengambil nyawa mereka sendiri. 

Diduga Bunuh Diri, Bintang ‘Parasite’ dan ‘My Mister’ Lee Sun-Kyun Ditemukan Meninggal di Mobilnya

Dilansir dari verywellmind.com, berikut adalah 10 faktor yang perlu dipertimbangkan supaya kita aware terhadap sekeliling kita dan sedapat mungkin mencegah pelaku bunuh diri. 

1. Penyakit Mental

“A Man Called Otto” Film Tom Hanks dari Keinginan Bunuh Diri Menjadi Seorang Sahabat Penuh Cinta

Kondisi kesehatan mental yang paling umum di balik keputusan seseorang untuk mati karena bunuh diri adalah depresi berat. Depresi dapat membuat orang merasakan tingkat rasa sakit emosional yang tinggi dan kehilangan harapan, membuat mereka tidak dapat melihat cara lain untuk menemukan kelegaan selain mengakhiri hidup mereka sendiri. 

Penyakit mental lain yang dapat meningkatkan risiko bunuh diri meliputi gangguan kecemasan, gangguan bipolar, gangguank,  gangguan makan dan skizofrenia.

Halaman Selanjutnya
img_title